PENGARUH ІNOVASІ TERHADAP KEUNGGULAN BERSAІNG DAN KІNERJA PEMASARAN (Sensus pada UKM Kerіpіk Tempe Sanan)

Authors

  • Zulfida ZulfÑ–da
  • Edy Yulianto
  • Sunarti Sunarti

Abstract

The purpose of this study of this study is to: knowing and explain the influence of Innovation on Competitive Advantage. Knowing and explain the influence of Innovation on Marketing Performance. Knowing and explain the influence of Competitive Advantage on Marketing Performance. The variable in this study is innovation as independent  variables, competitive advantage as a variable between, and marketing performance as the dependent variable.This research is explanatory research using quantitative approach. The population in this study are 55 owner UKM Kripik Tempe at Sanan, Malang. Methods of data collection using distributing questionnaires. Based on the population consideration that is not a lot in this research, so the study of this research is census which all members of the population is respondents in the research (no sampling). Data analysis techniques using descriptive analysis and path analysis. The result for this research are: (1) Innovation (X1) has significant and positive influence on Competitive Advantage (Z1); (2) Innovation (X1) has significant and positive influence on Marketing Performance (Y1); and (3) Competitive Advantage (Z1) has significant and positive influence on Marketing Performance (Y1).

Key words : Іnnovatіon, Competіtіve Advantage, and Marketіng Performance

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui dan menjelaskanpengaruh Inovasiterhadap Keunggulan Bersaing. Mengetahui dan menjelaskan pengaruh Inovasiterhadap Kinerja Pemasaran. Mengetahui dan menjelaskan pengaruh Keunggulan Bersaingterhadap Kinerja Pemasaran. Variabel dalam penelitian ini adalah inovasi sebagai variabel bebas, keunggulan bersaing sebagai variabel antara, dan keunggulan bersaing sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunkan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 55 pengusaha Kripik Tempe di Sanan, Malang. Berdasarkan pertimbangan jumlah populasi yang tidak banyak maka penelitian ini merupakan penelitian sensus yaitu seluruh anggota populasi merupakan responden dalam penelitian (tidak ada penarikan sampel). Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskripitif dan analisis jalur (path analysis).Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) variabel Inovasi (X1) memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Keunggulan Bersaing (Z1); (2) variabel Inovasi (X1) memiliki pengaruh signifikan dan posistif terhadap Kinerja Pemasaran (Y1); dan (3) variabel Keungulan Bersaing (Z1) memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Kinerja Pemasaran (Y1).

Kata kuncÑ–: Ñ–novasÑ–, keunggulan bersaÑ–ng, kÑ–nerja pemasaran


Downloads

Published

2016-11-22

Issue

Section

Articles