PENGARUH KUALITAS PRODUK HIJAU DAN HARGA PREMIUM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN KONSUMEN (Survei pada Konsumen Tupperware di Distributor Resmi PT Adicitra Prima Kencana Malang)

Authors

  • Mareta Harlia Savitri
  • Suharyono Suhariyono
  • Andriani Kusumawati

Abstract

The research aims to know that influence of green product quality and premium price on purchase decision and customer satisfaction and customers purchase decision of PT Adicitra Prima Kencana Malang. This research is an Explanatory Research. There are 116  respondents as sample of this research by using Purposive Sampling method. The data collection method conducted by questionnaire. The data was analyzed by using Path Analysis. Results showed that Green Product Quality directly and significantly influences the Purchase Decision,  Premium Price directly and significantly influences the Purchase Decision, Green Product Quality directly and significantly influences the Consumer Satisfaction, Premium Price directly and significantly influences the Consumer Satisfaction, Purchase Decision directly and significantly influences the Consumer Satisfaction.

Keywords: green marketing, green product quality, premium price, purchase decisions, consumer satisfaction

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk hijau dan harga premium terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen Tuppeware PT Adicitra Prima Kencana Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan. Sampel sebanyak 116 orang responden yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Produk Hijau berpengaruh langsung dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Harga Premium berpengaruh langsung dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Kualitas Produk Hijau berpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Konsumen, Harga Premium berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, Keputusan Pembelian berpengaruh langsung dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen.

Kata kunci: green marketing, kualitas produk hijau, harga premium, keputusan pembelian, kepuasan konsumen

Downloads

Published

2016-11-21

Issue

Section

Articles