PERANAN PEMIMPIN DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA ORGANISASI (STUDI KASUS PADA PT. ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO) MALANG REGIONAL OFFICE)

Authors

  • Jayanti Trioctavia
  • Djamhur Hamid
  • M. Djudi Mukzam

Abstract

Organizational culture is a something that must grow if there is intention to establish organizational behavior, individual behavior and organizational image that conforms to the expectation of community as the user of service and product. The research aimed to understand the description of organizational culture established by the corporate leader and the role of leader in establishing organizational culture to achieve the goal of corporate.Method of the research is qualitative. Data are obtained by interview and documentation. Data analysis involves data reduction, data presentation and conclusion remark or verification.Result of research indicates that the role of leader in establishing organizational culture is found in their communication and their stand as role modeling. Communication in corporate is very important part that must be considered by leader.because communication represents a tool for leader to implement organizational culture. As role modeling, corporate leader classified as relatively good person because every employee perceives that leader behavior is a guide that must be followed.        It is suggested that employee discipline must be built well and kept persistent through monitoring and sanction if deviance shall occur.

Keywords :Role of Leader, Corporate Culture.

ABSTRAK

 

Budaya organisasi dirasakan sebagai suatu yang harus tumbuh dalam membentuk perilaku organisasi, perilaku individu didalamnya dan membentuk citra organisasi pada masyarakat sebagai pemakai jasa atau produknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran budaya organisasi yang dikembangkan oleh pemimpin dan peranan pemimpin dalam mengembangkan budaya organisasi untuk mencapai tujuan perusahaan.Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif. Perolehan data dilakukan dengan dua metode, yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan pemimpin dalam mengembangkan budaya organisasi terletak pada komunikasinya dan sebagai role modelling. Komunikasi yang ada di dalam perusahaan merupakan bagian penting yang harus diperhatikan pemimpin, karena komunikasi merupakan alat bagi pemimpin untuk menjalankan budaya yang diharapkan.Sebagai role modelling, pimpinan perusahan cukup baik, karena setiap karyawan mempunyai perilaku dan persepsi mengenai pimpinan sebagai panutan. Penulis menyarankan agar sebaiknya kedisiplinan karyawan yang sudah terbangun dengan baik hendaknya selalu dipelihara dengan jalan selalu mengadakan pemantauan dan tentunya dengan sanksi apabila terjadi pelanggaran.

Kata Kunci :Peranan Pemimpin, Budaya Organisasi

Downloads

Published

2016-11-16

Issue

Section

Articles