EVALUASI SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN BAHAN BAKU DAN PENGELUARAN KAS DENGAN DIDUKUNG PENGENDALIAN INTERN (Studi Pada UD. UPI Singosari-Malang)

Authors

  • Lulus Uswatun Khasanah

Abstract

Perusahaan manufaktur dalam proses pengadaan barang dan pengeluaran kas tidak lepas dari sistem pembelian dan pengeluaran kas. UD. UPI Singosari-Malang sebagai perusahaan yang memproduksi paving, dalam menggerakkan kegiatan pembelian bahan baku dan pengeluaran kas masih menggunakan sistem yang sederhana sehingga masih terdapat kesalahan-kesalahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem akuntansi pembelian bahan baku serta pengeluaran kas yang terdapat pada UD. UPI Singosari-Malang dan mengevaluasi sistem akuntansi pembelian bahan baku dan pengeluaran kas yang terdapat pada UD. UPI Singosari-Malang. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, ditemukan beberapa kelemahan-kelemahan yang ada pada sistem pembelian bahan baku dan pengeluaran kas yang dilakukan oleh UD. UPI Singosari-Malang. Kelemahan tersebut terdapat perangkapan fungsi yaitu fungsi pembelian dengan penerimaan selain itu, juga terdapat perangkapan pada fungsi akuntansi dengan fungsi keuangan. Struktur organisasi UD. UPI Singosari-Malang tidak terdapat bagian pembelian, bagian penerimaan barang, bagian keuangan dan bagian akuntansi. Formulir yang digunakan dalam pembelian bahan baku dan pengeluaran kas oleh UD. UPI Singosari-Malang adalah surat pesanan dan tanda terima yang sudah terdapat nomor urut tercetak. Sistem pembelian bahan baku dan pengeluaran kas UD. UPI Singosari-Malang sudah cukup baik namun masih belum didukung dengan pengendalian intern yang baik.

Kata kunci : bahan baku, pengeluaran kas, pengendalian intern

Abstract

Manufacturing companies in the process of procurement of goods and cash outlays of cash expenditures and purchasing system. UD. UPI Singosari-Malang as company that produces paving, in moving activities buy raw materials and cash outlays still using simple system so that there are mistakes. The purpose of this research is to know the accounting system of purchase of raw materials as well as cash expenditures contained in the UD. UPI Singosari-Malang and evaluate the accounting systems of purchasing raw materials and cash expenditures contained in the UD. UPI Singosari-Malang. Based from analyzed data, several weaknesses has been found in the UD. UPI Singosari-Malang system. These weakness have a dual function, buying function and accepting function. Moreover,  the dual function also lies in accounting and finance function. In UD. UPI Singosari-Malang organization structure, buying, accepting goods, finance and accounting division are not exist. The form which used for raw materials buying and cash disbursements by UD. UPI Singosari-Malang is and ordered letter and receipt that already have a printed number. Raw material buying system and cash disbursements in UD. UPI Singosari-Malang is good enough but still not supported by a good intern control.

Keywords : raw materials, cash disbursements, Intern Control

Downloads

Published

2013-08-15

Issue

Section

Articles