ANALISIS FAKTOR-FAKTOR STRES KERJA YANG MEMPENGARUHI KINERJA KARYAWAN (Studi Pada Karyawan Tetap PG. Kebon Agung Kabupaten Malang)

Authors

  • Mega Biru
  • Hamidah Nayati Utami
  • Yuniadi Mayowan

Abstract

Human resources is a major and important in the achievement of objectives in a company. In a company is certainly in the running activity to achieve the objectives the need for good management, because it may lead and drive the important factors that exist within the organization. So many jobs given by the company to its employees by requiring the employee to continue working with the prescribed time limit will trigger job stress on employees. The purpose of this study is to analyze and explain the partial effect of variable factors ekstraorganisasi work stress is a factor, organizational factors, factors group, and individual factors on employee performance. This work stress caused by the demands of a large company to employees who do not match the capabilities of employees and less ensuring the welfare of employees by the company. Employee performance can be a motivating factor for employees to work well to get the job performance and can achieve its goals. In this study show simultaneous performance under the influence of factors ekstraorganisasi, organizational factors, factors group and the individual factors as much as 19 726. it can be concluded that the higher the level of stress in employees, it can degrade the performance of employees. This indicates that the PG. Kebon Agung Malang district has not been able to adjust the expectations of employees of the company.

Keywords : work stress and employee performance

ABSTRAK

Sumber daya manusia merupakan hal yang utama dan penting dalam rangka pencapaian tujuan di suatu perusahaan. Dalam suatu perusahaan tentu  dalam menjalankan aktivitasnya untuk mencapai tujuan perlu adanya manajemen yang baik, karena dapat mengarahkan serta menggerakan faktor-faktor penting yang ada di dalam organisasi. Begitu banyaknya pekerjaan yang diberikan perusahaan kepada karyawannya dengan menuntut karyawan harus terus bekerja dengan batas waktu yang ditentukan akan memicu stres kerja pada karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh secara parsial antara variabel faktor stres kerja yaitu faktor ekstraorganisasi, faktor organisasi, faktor kelompok, dan faktor individu terhadap kinerja karyawan. Stres kerja ini disebabkan karena tuntutan perusahaan yang besar terhadap karyawan yang tidak sesuai dengan kemampuan karyawan dan kurang terjaminnya kesejahteraan karyawan oleh perusahaan. Kinerja karyawan dapat menjadi faktor pendorong bagi karyawan untuk bekerja dengan baik untuk mendapatkan prestasi kerja dan dapat mencapai tujuan perusahaan. Di dalam penelitian ini menunjukkan kinerja mendapat pengaruh secara simultan dari faktor ekstraorganisasi, faktor organisasi, faktor kelompok dan faktor individu sebanyak 19.726. dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat stres pada karyawan maka dapat menurunkan kinerja karyawan. Hal ini menunjukkan bahwa PG. Kebon Agung Kabupaten Malang belum mampu menyesuaikan harapan karyawan terhadap perusahaan.

Kata Kunci : Stress Kerja dan Kinerja Karyawan

Downloads

Published

2016-10-24

Issue

Section

Articles