EVALUASI SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN DAN PENGELUARAN KAS DALAM UPAYA MENDUKUNG PENGENDALIAN INTERN PERUSAHAAN (Studi Pada PT. Merck Sharp Dohme Pharma Pandaan)

Authors

  • . Armelia
  • Moch. Dzulkirom AR
  • Nengah Sudjana

Abstract

Accounting information system is a system that processes the data and transactions in order to produce useful information for planning, control and operate the business. The accounting system must have happened to any company is the purchase accounting system and cash expenditures are used to hold the goods needed by the company and payment. For companies that conduct production, inventory (raw and auxiliary materials) is the most important factor because without a sufficient supply of production will be hampered. However, when a preliminary investigation in August-September 2014 in PT. Merck Sharp Dohme Pharma Pandaan, researchers found that no less important is the supply of consumables (consumables). Consumable goods shortages could potentially stop production and delivery of goods. The focus of research in this study is the purchase accounting system and cash expenditures include related functions, documents and records used, the procedure is compiled, and the efforts of internal control of companies which includes the organizational structure of the company, authority systems and procedures, practice healthy, and employees qualified. The purpose of this study is to evaluate the application of purchase accounting system consumable goods and disbursements at PT. Merck Sharp Dohme Pandaan Pharma. Researchers hope this study can be input for the company's survival.

Keywords: purchase accounting system, accounting system of cash disbursements, internal control

ABSTRAK

Sistem informasi akuntansi adalah sebuah sistem yang memproses data dan transaksi guna menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk merencanakan, mengendalikan, dan mengoperasikan bisnis. Sistem akuntansi yang pasti terjadi pada setiap perusahaan adalah sistem akuntansi pembelian dan pengeluaran kas yang digunakan untuk mengadakan barang yang diperlukan perusahaan dan pembayaran. Bagi perusahaan yang melakukan produksi, persediaan (bahan baku dan penolong) merupakan faktor yang paling utama karena tanpa persediaan yang cukup produksi akan terhambat. Namun, saat melakukan penelitian pendahuluan pada Agustus-September 2014 di PT. Merck Sharp Dohme Pharma Pandaan, peneliti menemukan bahwa yang tidak kalah penting adalah persediaan barang habis pakai (consumable). Kekurangan stok barang consumable berpotensi menghentikan produksi dan pengiriman barang. Fokus penelitian pada penelitian ini yaitu pada sistem akuntansi pembelian dan pengeluaran kas yang meliputi fungsi terkait, dokumen dan catatan yang digunakan, prosedur yang menyusun, serta upaya pengendalian intern perusahaan yang meliputi struktur organisasi perusahaan, sistem wewenang dan prosedur, praktik yang sehat, dan karyawan yang memenuhi kualifikasi. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi penerapan sistem akuntansi pembelian barang consumable dan pengeluaran kas pada PT. Merck Sharp Dohme Pharma Pandaan. Peneliti berharap penelitian ini dapat menjadi masukan demi kelangsungan hidup perusahaan.

Kata kunci: sistem akuntansi pembelian, sistem akuntansi pengeluaran kas, pengendalian intern


Downloads

Published

2016-10-14

Issue

Section

Articles