THE EFFECT OF GREEN MARKETING MIX ON PURCHASE DECISION AND CUSTOMER SATISFACTION (Study on Independent Consultant of JAFRA Cosmetics Indonesia in Malang)

Authors

  • Agnes Viani Parlan
  • Andriani Kusumawati
  • M. Kholid Mawardi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh bauran pemasaran hijau pada keputusan pembelian konsumen; untuk menguji pengaruh bauran pemasaran hijau pada kepuasan pelanggan; dan untuk menguji pengaruh keputusan pembelian konsumen pada kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Variabel-variabel yang digunakan bauran pemasaran hijau, keputusan pembelian dan kepuasan pelanggan. Pengumpulan data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner pada 118 Konsultan Independen JAFRA di Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis adalah analisis path. Hasil dari analisis path analysis menunjukkan bahwa Bauran pemasaran hijau mempunyai efek signifikan pada keputusan pembelian; Bauran pemasaran hijau memiliki efek signifikan pada kepuasan pelanggan; Keputusan pembelian memiliki efek signifikan pada kepuasan pelanggan. Karena itu, manajemen JAFRA Indonesia harus mempertahankan dan meningkatkan indikator bauran pemasaran hijau melalui memastikan semua produk yang ada menggunakan kandungan-kandungan yang alami dan sedikit kandungan kimia, terutama dari kandungan kimia berbahaya. Kedua, mengkampanyekan produk hijau melalui media sosial sebagai standar dan gaya hidup yang sehat. Ketiga, menggunakan bahan yang mudah terurai untuk semua kemasan produk. Keempat, meningkatkan proses teknologi untuk mempertahankan kandungan alami dan kualitas produk yang tinggi. Kelima, menambah atribut produk secara berkesinambungan. Maka keputusan pembelian dan kepuasan konsumen akan meningkat. Kata kunci: Bauran Pemasaran Hijau, Keputusan Pembelian, Kepuasan Pelanggan ABSTRACT The purposes are to examine the effect of green marketing mix on purchase decision; to examine the effect of green marketing mix on customer satisfaction; and to examine the effect of purchase decision on customer satisfaction. This research used explanatory research with the quantitative approach. The variables are green marketing mix, purchase decision and customer satisfaction. The collection of data obtained from distributing questionnaires to 118 JAFRA Independent Consultant in Malang. The sampling technique use purposive sampling. The analysis technique is path analysis. The path analysis result showed that Green marketing mix has significant effect on purchase decision; Green marketing mix has significant effect on customer satisfaction; Purchase decision has significant effect on customer satisfaction. Therefore, management of JAFRA Indonesia should be maintained and improved the indicators of green marketing mix through ensures all the products that exist is using natural ingredients and less chemical, especially from dangerous chemical. Campaign the green products through social media as the standart and lifestyle of healthy life. Using degradable materials for all the packaging. Improve the technology process to keep maintaining natural contain and the high quality of product. Add the product’s feature significantly. Thus, the purchase decision and customer satisfaction will increase. Keywords: Green Marketing Mix, Purchase Decision, Customer Satisfaction

Downloads

Published

2016-10-11

Issue

Section

Articles