PENGARUHPRODUKSI,HARGADAN NILAI TUKAR TERHADAP VOLUME EKSPOR (Studi Pada Volume Ekspor Udang Dari Indonesia Ke Jepang Periode Tahun 2012–2014)

Authors

  • Lailatul Ayu Kusumawati
  • Mochammad Al Musadieq
  • Sri Sulasmiyati

Abstract

This research purposesare to know the effect of Production, Prices and Exchange Rates on Export Volume. The independent variables are the Domestic Production of Shrimp, the International Shrimp Prices and Exchange Rate of the Rupiah againts the US Dollarwith the dependent variable is the Volume of Shrimp Exports from Indonesia to Japan. The data of this research useare monthly data on the period 2012-2014 which are from the official website of Badan Pusat Statistik, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Bank Indonesia, and International Monetary Fund. This analysis data usedmultiple linear regression method.The results of the simultaneous test shows that there are mutual influence between Domestic Production of Shrimp, International Shrimp Prices and Exchange Rate of the Rupiah against the US Dollar on the Volume of Shrimp Exports from Indonesia to Japan. The results of partial test shows that there is a positive significant influence of Domestic Production of Shrimp and negative significant influence of Price Shrimp International on Volume of Shrimp Export from Indonesia to Japan, while the Exchange Rate of the Rupiah against the US Dollar has a insignificant influence on the Volume of Shrimp Exports from Indonesia to Japan.

Keywords: Export, Production, Prices, Exchange Rate, Shrimp

ABSTRAK

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari Produksi, Harga dan Nilai Tukar terhadap Volume Ekspor. Variabel bebas yang digunakandalam penelitian ini adalah Produksi Udang Domestik, Harga Udang Internasional dan Nilai Tukar Rupiah dalam US Dollar dengan variabel terikat yaitu Volume Ekspor Udang dari Indonesia ke Jepang.Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang dicatat secara bulanan dan termasuk dalam periode tahun 2012-2014yangdiperoleh dari website resmi Badan Pusat Statistik, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Bank Indonesia dan International Monetary Fund. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik regresi linear berganda.Hasil dari pengujian secara simultan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bersama antara Produksi Udang Domestik,Harga Udang Internasional dan Nilai Tukar Rupiah dalam US Dollar terhadap Volume Ekspor Udang dari Indonesia ke Jepang. Hasil dari pengujian secara parsial yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari Produksi Udang Domestik dan pengaruh negatif yang signifikan dari Harga Udang Internasional terhadap Volume Ekspor Udang dari Indonesia ke Jepang, sedangkan Nilai Tukar Rupiah terhadap Dollar memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Volume Ekspor Udang dari Indonesia ke Jepang.

Kata Kunci: Ekspor, Produksi, Harga, Nilai Tukar, Udang

Downloads

Published

2016-10-06

Issue

Section

Articles