ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN YANG BERORIENTASI EKSPOR DALAM PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN (Studi pada PT Kharisma Rotan Mandiri di Sukoharjo)
Abstract
This study was conducted to analyze the company's marketingystrategy in increasing export volume. The researcher wanted to find a strategyythat has been used by company and the effectiveness of the strategy itself. In this study, researcher was interestedyin particular factors that affect the sales volume using descriptive analysis method with quantitative approach. The dataysource of this research is the primary data collected from research sites and secondary data obtained from the website uniquecane.com. Basedyon the result of thisyresearch, the internationalymarket entry strategy that has been used by PT Kharisma Rotan Mandiri is export. This was chosen because theycost of production in Indonesia is cheaper than production in destination countries, mostly in Europe and the United States. The marketing mix had been fulfilled by PT Kharisma Rotan Mandiri. The research showed that thing become problem in the marketingymix of this furniture corporate is strategy of sales promotion. It was certainly less when saw sales volume target was veryyhigh. Effectiveness of marketing strategy at PT Kharisma Rotan Mandiri is not reached. Obstacles become targets the achievementyof effectiveness is too high and unrealistic.
Keywords: Export, Marketing Strategy, Sales Volume, Effectiveness Marketing Strategy.
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untukymenganalisis strategi pemasaran perusahaan dalam peningkatan volume ekspor. Hal ini membuat peneliti inginymengetahui strategi yang digunakanyperusahaan dan keefektifan strategi tersebut. Pada penelitian ini peneliti tertarik pada beberapa hal yang mempengaruhi volume penjualan menggunakan analisis deskriptif denganypendekatan kuantitatif. Sumberydata pada penelitian ini yaitu data primer yang didapat dari lokasi penelitian dan data sekunder yang diperoleh dari website uniquecane.com. Hasil penelitian menjelaskan bahwa strategi memasuki pasar internasional yang dijalankan oleh PT Kharisma Rotan Mandiri adalah dengan ekspor langsung. Ekspor langsung menjadi opsiakarena biaya produksi di Indonesia lebih murah jika dibandingkan produksi di negaraatujuan yang mayoritas adalah negara dengan biaya untuk tenaga kerjanya lebih mahal. Strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan furniture ini telah memenuhiastrategi marketing mix atau bauran pemasaran. Aspek yang menjadi kendala pada bauran pemasaran perusahaan furniture ini adalah strategi promosi penjualan. Perusahaanahanya melakukan promosi penjualan melalui pameran dua kali dalam satu tahun, yaitu nasional dan internasional. Hal tersebut tentunya kurang apabila melihat target volume penjualanayang sangat tinggi. Efektifitas strategi pemasaran pada PT Kharisma Rotan Mandiri tidak tercapai. Kendalaayang menjadi tidak tercapainya efektifitas adalah target yangaterlalu tinggi dan kurang realistis.
Â
Kata Kunci : Ekspor, Startegi Pemasaran, Volume Penjualan, Efektifitas Strategi Pemasaran.