STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) UNTUK MENINGKATKAN CITRA KOTA MALANG SEBAGAI DESTINASI WISATA KULINER (Studi Pada Ukm Berbasis Kuliner Kota Malang)

Authors

  • Verniaputri Agusetyaningrum
  • M. Khalid Mawardi
  • Edriana Pangestuti

Abstract

Small and Medium Enterprises (SME) based on culinary enterprises is the most dominating business sector in Malang City. This research used the descriptive qualitative method and the data resources obtained from interview. This aims of this research was to describe and analyze resistance and support factors that affecting the development strategy of SME based on culinary enterprises, development strategy of SME based on culinary enterprises and tourist’s perception of the products that produced by SME based on culinary enterprises in Malang City. The result of the research showed that, first the resistance factors that affecting the development strategy of SME based on culinary enterprises are fund, materials, equipment, human resources and area. While the support factors that affecting this research are licensing, training, marketing and organization. Second development strategy of SME based on culinary enterprises are training, protection of business, development of partnerships and development of the promotions. Third tourist’s perception of the products that produced by SME are influenced by the packaging of products displayed and product innovation that created by SME enterprise-based culinary in Malang.

Keyword : Development of Small and Medium Enterprises (SME), Culinary Tourism, Tourist Destination, Destination Image.

ABSTRAK

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berbasis kuliner merupakan suatu sektor usaha yang paling mendominasi di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pengumpulan data melalui wawancara. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis faktor penghambat dan pendukung yang mempengaruhi strategi pengembangan UKM berbasis kuliner, strategi pengembangan UKM berbasis kuliner serta persepsi wisatawan terhadap produk yang dihasilkan oleh UKM berbasis kuliner di Kota Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, faktor penghambat yang mempengaruhi strategi pengembangan UKM berbasis kuliner yaitu permodalan, bahan baku, peralatan, sumber daya manusia dan lahan tempat. Sementara faktor pendukung dalam penelitian ini yaitu perijinan, pelatihan, pemasaran dan paguyuban. Kedua, strategi pengembangan UKM berbasis kuliner yaitu pelatihan, perlindungan usaha, pengembangan kemitraan dan pengembangan promosi. Ketiga, persepsi wisatawan terhadap produk yang dihasilkan oleh UKM berbasis kuliner di Kota Malang yaitu dipengaruhi oleh kemasan produk yang ditampilkan dan inovasi produk yang diciptakan oleh pelaku UKM kuliner di Kota Malang.

Keyword : Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Wisata Kuliner, Destinasi Wisata, Citra Destinas


Downloads

Published

2016-09-22

Issue

Section

Articles