PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN TERHADAP CITRA MEREK DAN DAMPAKNYA BAGI KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Konsumen Uniqlo di Jakarta)

Nurina Nadhifi Suria, Andriani Kusumawati, Edriana Pangestuti

Abstract


This_research_aim to identify and explain enfluence of country of origin on brand image, influence of country of origin on purchase decision, influence of brand image on purchase decision. The type of this research is explanatory research with quantitative approach. The sample used in this research was 113 respondents chosen with purposive sampling and questionnaire used as a method to collected the data. The result in this research shows that country of origin significantly influence brand image, country of origin significantly influence purchase decision, and brand image significantly influence purchase decision. Based on the result of this research, Uniqlo should promote Japan as the country of origin to endorse brand image for encouraging costumers purchase decisions.

Keyword : Country of Origin, Brand Image, Purchase Decision

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh country of origin terhadap citra merek, pengaruh country of origin terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh citra merek dan keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 113 responden yang diambil menggunakan purposie sampling dan kuesioner digunakan sebagai metode pengumpulan data. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa country of origin berpengaruh signifikan terhadap citra merek, country of origin berpengaruh signifikan secara langsung terhadap keputusan pembelian, dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian ini sebaiknya Uniqlo menonjolkan Jepang sebagai negara asalnya untuk membantu meningkatkan citra merek agar mendorong konsumen melakukan keputusan pembelian.

Kata Kunci : Country of Origin, Citra Merek, dan Keputusan Pembelian



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.