ANALISIS DAMPAK AKUISISI TERHADAP RETURN SAHAM DAN VOLUME PERDAGANGAN (Studi pada Multinational Company yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2010-2012)

Authors

  • . Liliana
  • . Suhadak
  • Raden Rustam Hidayat

Abstract

Business combination is one of the ways used by the company in order to be more developed. Forms of business combination  that often do is acquisition. The impact of acquisition will be based on the amount of stock returns and trading volume received by the acquirer. The purpose of this research is to analyze the impact of the acquisition by multinational company in Indonesia which is listed on Indonesia Stock Exchange. This type of research is hypothesis testing using non-parametric test with quantitative approach secondary data. Sample selection is done by purposive sampling method. Samples are five multinational companies in Indonesia and listed on Indonesia Stock Exchange period 2010-2012. Data analysis technique used is based on the distribution data using the Kolmogorov-Smirnov Test. This research use Wilcoxon-Signed Ranks Test. The final results showed that there is no significant differences of stock returns and trading volume of the acquirers,both before and after the acquisition.

Keyword : Acquisition, Stock Return, Trading Volume, Multinational Company, BEI, Indonesia

ABSTRAK

Penggabungan usaha (business combination) merupakan salah satu cara yang digunakan perusahaan agar lebih berkembang. Bentuk penggabungan usaha yang kerap dilakukan adalah akuisisi. Dampak yang ditimbulkan dari tindakan akuisisi akan dilihat berdasarkan jumlah return saham dan volume perdagangan yang akan diterima perusahaan pengakuisisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis dampak dari akuisisi terhadap  multinational company di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian uji hipotesis menggunakan metode non-parametric test dengan pendekatan kuantitatif data sekunder. Sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian adalah lima multinational company yang berada di Indonesia dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2010-2012. Teknik analisis data yang digunakan berdasarkan distribusi data penelitian yang di uji adalah Kolmogorov-Smirnov Test. Penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon- Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan pada return saham dan volume perdagangan kelima perusahaan pengakuisisi, baik sebelum dan sesudah dilakukan akuisisi.

Kata Kunci : Akuisisi, Return Saham, Volume Perdagangan, Multinational Company, BEI, Indonesia

Downloads

Published

2016-09-08

Issue

Section

Articles