PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU SELULER SIMPATI (Survei pada Masyarakat Desa Wonosari, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri yang Membeli Kartu Seluler SimPATI)

Authors

  • Dya Ana Pamartha
  • Edy Yulianto
  • . Sunarti

Abstract

This study aims to: Identify and explain the influence of product attributes with consumer preferences. Identify and  explain  product attributes influence on purchasing decisions. Identify and explain consumer preferences affect  consumer decisions. The variable in this study is the product attributes as independent  variables, consumer preferences as a variable between, and the purchase decision as the dependent variable. This research uses explanatory research with quantitative approachs. The   population was Villagers Wonosari , District Capping , Kediri who bought Mobile Card SimPATI. Samples used were 100 respondents using purposive sampling. Data analysis method  used  is  descriptive analysis  and  path  analysis  (path analysis). These  results  indicate  that:  The  results  of  the  test  track  indicates  that  the  variable product  attributes  have  a   significant  influence  and  positive  impact  on  variable  Consumer  Preference. The  results  of  the  test  track  indicates  that  the  variable  product attributes have  a  significant  influence  and  positive  impact  on  the  variable  purchase  decision.  The. testresults  showed  that  Consumer  Preferences  variable  have  significant  and  positive  influence  on the purchase decision variables.  Keywords: Product Attributes, Consumer Preferences, and Purchase Decision ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui dan menjelaskan pengaruh atribut produk terhadap preferensi konsumen. Mengetahui dan menjelaskan pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian. Mengetahui dan menjelaskan pengaruh preferensi konsumen terhadap keputusan konsumen. Variabel dalam penelitian ini adalah atribut produk sebagai variabel bebas, preferensi konsumen sebagai variabel antara, dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Penduduk Desa Wonosari, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri yang membeli Kartu Seluler SimPATI. Ssampel yang digunakan berjumlah 100 orang responden dengan menggunakan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini  menunjukan bahwa: Hasil  uji  jalur  menunjukkan  bahwa variabel Atribut Produki memiliki pengaruh  signifikan dan  positif  terhadap  variabel  Preferensi  Konsumen. (Hasil  uji  jalur menunjukkan  bahwa  variabel Atribut Produk memiliki  pengaruh  signifikan  dan  positif terhadap variabel Keputusan Pembelian. Hasil uji jalur  menunjukkan  bahwa  variabel  Preferensi  Konsumen memiliki  pengaruh  signifikan  dan  positif  terhadap  variabel Keputusan Pembelian. Kata kunci: Atribut Produk, Preferensi Konsumen, dan Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2016-09-08

Issue

Section

Articles