PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (SURVEI PADA MAHASISWA S1 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TRISAKTI YANG MENGGUNAKAN JASA GO-JEK)

Azzadina Raiza, Zainul Arifin, . Sunarti

Abstract


This research aims to explain the simultan effect of Variables Motivation, Perception, Learning, and Attitudes on Variable Purchase Decisionand partiall and to explain0the partially reach of Variables Motivation, Perception, Learning, and Attitudes on Variable Purchase Decision. Rearch type is explanatory research. The population is used as much as 116 respondents with comnposition made up of students college, chosen with purposive sampling which is included in the technical non probability sampling and data collection method is questionners. Data analysis uses descriptive analysis9and0multiple0linier8regression7analysis. The results of multiple linier regression analysis showed they are significant effect on the variables of Variables Motivation, Perception, Learning, Attitudes on Variable Purchase Decision, and showed partially significant effect on the variables of Variables Motivation, Perception, Learning, Attitudes on Variable Purchase Decision.

Keyword: Psychological Factors, Motiation, Perception, Learning, Attitudes, Purchase Decision.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan adanya pengaruh secara bersama-sama antara Variabel Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, dan Sikap terhadap Keputusan Pembelian dan menjelaskan adanya pengaruh secara parsial antara Variabel Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, dan Sikap terhadap Keputusan Pembelian.Penelitian ini menggunakanexplanatory research(penelitian penjelasan). Jumlah populasi yang digunakan sebanyak 116 orangresponden dengan komposisi yang terdiri dari mahasiswa yang diambil dengan menggunakan purposive samplingyang termasuk dalam teknik non probability samplingdan kuesioneryang digunakan sebagai metode pengumpulan data dalam peneitian ini. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.  Hasil dari analisis menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara Variabel Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, dan Sikap terhadap Keputusan Pembelian.

Kata Kunci: Faktor Psikologis, Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Sikap, Keputusan Pembelian

 

 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.