PENGARUH SISTEM INFORMASI PEMASARAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada UKM Bunga Hias di Kota Batu)

Authors

  • Hananda Agrippina Janitra Atha Bahy
  • . Riyadi

Abstract

The purpose of this study was to determine how is the effect of Marketing Information System on Competitive Advantage simultaneously or partially and to knowing what dominant variable to Competitive Advantage in SME’s Ornamental Flowers in Batu City. The type of research in this study is explanatory research which uses a questionnaire research instruments that distributed to 125 respondent that is the chiefs and members of SME’s Ornamental Flowers in Batu City. As for the data analysis using descriptive analysis statistics and Inferensial analysis statistics in the form of multiple linear regression. The results showed that from three variables Internal Record, Marketing Intelligence and Market Research simultaneously affecting Competitive Advantage. From the SPSS 13.0 calculation for significance test simultaneously generates a value of F = 35,544 with a probability of 0,000 < 0,05. Partially, Marketing Intelligence known to negatively affect the Competitive Advantage, while Internal Records and Market Research have significant effect on Competitive Advantage. In addition to F test, R2 test shown that the value of R2 is 0,455 which means that the amount of independent variables on the dependent variable is 45,5%.

Keywords: Marketing Information Systems, Internal Records, Marketing Intelligence, Market Research, Competitive Advantage

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Sistem Informasi Pemasaran secara bersama – sama maupun sendiri – sendiri serta untuk mengetahui variabel yang berpengaruh secara dominan terhadap Keunggulan Bersaing UKM Bunga Hias di Kota Batu. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah explanatory research yang mana menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang disebar kepada 125 responden UKM Bunga Hias di Kota Batu. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan untuk teknik analisa data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dalam bentuk regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa.dari ketiga variabel Data Internal, Pengetahuan Pemasaran dan Riset Pemasaran secara bersama – sama berpengaruh terhadap Keunggulan Bersaing. Dari perhitungan SPSS 13.0 untuk pengujian signifikansi secara simultan menghasilkan nilai Fhitung = 35.544 dengan probabilitas 0.000 < 0,05. Secara sendiri – sendiri diketahui Pengetahuan Pemasaran berpengaruh negatif terhadap Keunggulan Bersaing, sedangkan Data Internal dan Riset Pemasaran berpengaruh signifikan terhadap Keunggulan Bersaing. Selain uji F, uji R2 diketahui nilai R2 sebesar 0,455 yang berarti besarnya variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 45,5%.

Kata Kunci     : Sistem Informasi Pemasaran, Pencatatan Internal, Pengetahuan Pemasaran, Riset Pemasaran, Keunggulan Bersaing.


Downloads

Published

2016-09-05

Issue

Section

Articles