PENGARUH ONLINE BEHAVIOURAL ADVERTISING (OBA) TERHADAP SIKAP DAN DAMPAKNYA PADA MINAT BELI (Survei pada Pengguna Situs Jejaring Sosial Facebook.com yang Pernah Melihat Tampilan OBA)

Authors

  • Allisya Puspita Dewi
  • Andriani Kusumawati
  • M. Kholid Mawardi

Abstract

This researcheaims to clarify the influence of online behavioural advertising (OBA) to attitude, the influence of online behavioural advertising (OBA) to purchase intention, and the influence of attitude to purchase intention. This type of research is explanatory with quantitativeeapproach. Variableein this research is online behavioural advertising (OBA), attitude, and purchase intention. Populationein this researcheis Facebook users who have seen impression of OBA aged above 18 years old and evereonline shopping in past six months. The sampleeused in thiseresearch was 145 people chosenewith purposive sampling and data collection methids in questionnaire. Analysis of data used descriptive analysis and path analysis. The resulteof path analysis shows that OBA significantly influence the attitude, OBA significantly influence the purchase intention, attitude significantly influence the purchase intention. Based on thid research’s result Facebook should consider about users’s privacy that related tracking and profiling for OBA purpose, the display of OBA must be improved to attract attention and reach high click-through-rate. Keywords : Online Behavioural Advertising, Attitude, Purchase Intention ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh online behavioural advertising (OBA) terhadap sikap, pengaruh online behavioural advertising (OBA) terhadap minat beli, dan pengaruh sikap terhadap minat beli. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi online behavioural advertising (OBA), sikap, minat beli. Populasi penelitianeini adalah pengguna Facebook berusiae18 tahun keatas yang pernah melihat tampilan OBA dan pernah melakukan belanja online dalam enam bulan terakhir. Sampel yang digunakanedalam penelitianeini sebanyak 145 respondeneyang diambil dengan menggunakanepurposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil analisis jalur  menunjukkan bahwa OBA berpengaruhesignifikan terhadap sikap, OBA berpengaruh signifikaneterhadap minat beli, sikapeberpengaruh signifikan terhadap minat beli. Berdasarkan hasil penelitian ini sebaiknya Facebook lebih memperhatikan masalah privasi penggunanya terkait pelacakan dan profiling untuk tujuan OBA, tampilan OBA harus lebih ditingkatkan untuk menarik perhatian dan memperoleh click-through-rate yang tinggi. Kata Kunci : Online Behavioural Advertising, Sikap, Minat Beli

Downloads

Published

2016-09-01

Issue

Section

Articles