PENGARUH ATMOSFER TOKO DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP SHOPPING EMOTION DAN PEMBELIAN TIDAK TERENCANA (Survei terhadap Konsumen Giant Hypermarket Mall Olympic Garden)

Authors

  • Quratul Nur Aini
  • . Suharyono
  • Kadarisman Hidayat

Abstract

This research aims to: analyze and explain the influence of Store Atmosphere on Shopping Emotion; analyze and explain the influence of Sales Promotion on Shopping Emotion; analyze and explain the influence of Shopping Emotion on Impulse Buying; analyze and explain the influence of Store Atmosphere on Impulse Buying; analyze and explain the influence of Sales Promotion on Impulse Buying. The method was conducted by explanatory research with quantitative approach. The sample that used for this research are 102 respondents from consumer Giant Hypermarket Mall Olympic Garden who have doing impulse buying who taken by  purposive sampling and collecting by using questionnaire. Data analysis using descriptive analysis and path analysis. The result of path analysis show that: Store Atmosphere significant and positive influence on Shopping Emotion; Sales Promotion significant and positive influence on Shopping Emotion; Shopping Emotion significant and positive influence on Impulse Buying; Store Atmosphere significant and negative influence of Impulse Buying; Sales Promotion significant and positive influence on Impulse Buying. Therefore, the management of Giant Hypermarket Mall Olympic Garden recommended to maintain Sales Promotion and Store Atmosphere so consumer feel comfort and happy that can increase Impulse Buying.

Keyword: Store Atmosphere, Sales Promotion, Shopping Emotion, Impulse Buying

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh Atmosfer Toko terhadap Shopping Emotion; pengaruh Promosi Penjualan terhadap Shopping Emotion; pengaruh Shopping Emotion terhadap Pembelian Tidak Terencana; pengaruh Atmosfer Toko terhadap Pembelian Tidak Terencana; pengaruh Promosi Penjualan terhadap Pembelian Tidak Terencana. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 102 responden yang merupakan konsumen Giant Hypermarket Mall Olympic Garden yang melakukan pembelian tidak terencana berupa barang promo dengan menggunakan Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan instrumen kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: Atmosfer Toko berpengaruh signifikan dan positif terhadap Shopping Emotion, Promosi Penjualan berpengaruh signifikan dan positif terhadap Shopping Emotion, Shopping Emotion berpengaruh signifikan dan positif terhadap Pembelian Tidak Terencana, Atmosfer Toko berpengaruh signifikan dan negatif terhadap Pembelian Tidak Terencana, dan Promosi Penjualan berpengaruh signifikan dan positif terhadap Pembelian Tidak Terencana. Dengan demikian manajemen Giant Hypermarket Mall Olympic Garden sebaiknya meningkatkan Promosi Penjualan dan meningkatkan Atmosfer Toko agar konsumen merasa nyaman dan senang sehingga meningkatkan Pembelian Tidak Terencana.

Kata Kunci: Atmosfer Toko, Promosi Penjualan, Shopping Emotion dan Pembelian Tidak Terencana

Downloads

Published

2016-08-25

Issue

Section

Articles