OPTIMALISASI WEBSITE PADA PORTAL GAME ONLINE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN PELANGGAN (Studi pada PT. Megaxus Infotech)

Authors

  • Angga Haridio Wijaya
  • . Kertahadi
  • Rizki Yudhi Dewantara

Abstract

This study aims to knowing, describe, and analyze customer relationship management as a support for the website to improve the service to customers. Knowing, explain, and analyze optimizing the online game portal website. The method used in this research is descriptive qualitative approach. This research was conducted through interviews with related persons consisting of six head community, two expert website, and two internal persons in company. Based on the analysis conducted was found that online gaming portal website as a primary strategy relatival between the customer and the company. Results of this study is customer relationship management in online gaming portal website PT. Megaxus Infotech has aligned with customer relationship management framework is operational, analytical, and collaborative customer relationship management. Application of optimization of the PT. Megaxus accordance with WebQual and require technical development. The findings of this study is the website as a primary strategy known minimum visited by customers and the maximum on social media Facebook, the result of these findings, the company can develop strategy to change the intensity of the use of social media as a service function and optimize a website to attract new customers who are looking for information about the product gaming company.

Keyword : Optimize Website, Customer Relationship Management

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menggambarkan, dan menganalisis customer relationship management sebagai dukungan website untuk meningkatkan layanan pada pelanggan. Mengetahui, menjelaskan, dan menganalisis pengoptimalisasian pada website portal game online. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui wawancara kepada pihak terkait yang terdiri dari enam ketua komunitas, dua ahli website, dan dua pihak intern perusahaan. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan telah ditemukan bahwa website portal game online sebagai strategi utama penghubung antara pelanggan dengan perusahaan. Hasil penelitian ini adalah customer relationship management pada website portal game online PT. Megaxus Infotech telah berjalan sesuai dengan kerangka customer relationship management adalah operational, analytical, dan collaborative costumer relationship management. Penerapan optimalisasi pada PT. Megaxus telah sesuai dengan webqual dan memerlukan pengembangan secara teknis. Hasil temuan dari penelitian ini adalah website sebagai strategi utama yang diketahui minimum dikunjungi oleh pelanggan dan maksimal pada media sosial facebook. Hasil dari temuan tersebut, perusahaan dapat mengembangkan strategi dengan merubah intensitas penggunaan pada media sosial sebagai fungsi pelayanan dan mengoptimalisasikan website untuk menarik pelanggan baru yang mencari informasi mengenai produk game perusahaan.

Kata kunci : Optimalisasi Website, Customer Relationship Management

Downloads

Published

2016-08-24

Issue

Section

Articles