PENGARUH CITY BRANDING “THE SOUL OF MADURA” DAN MOTIVASI WISATAWAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE KABUPATEN SUMENEP

Authors

  • Moh. Ibram Malik
  • . Wilopo
  • M. Kholid Mawardi

Abstract

This research aims to: Examine simultan effect of City Branding “The Soul of Madura†and tourist motivation on decision to visit; Examine partial effect of City Branding “The Soul of Madura†on decision to visit Sumenep regency;  Examine partial effect of tourist motivation on decision to visit. The type of this research is explanatory research that approach to quantitative research. This research use 100 sample of tourist respondent whose visit Sumenep regency. The type of sampling is non probability sampling with purposive sampling  as technique pickup sampling. This research use questionnaire as methode of collecting data. Data analysis that use in this research is describetive analysis and multiple regression analysis. The result of this research is: City Branding “The Soul of Madura†and tourist motivation has significant inlfluence decision to visit; City Branding “The Soul of Madura†has significant inlfluence decision to visit Sumenep Regency; tourist motivation has significant inlfluence decision to visit.  Keys Word : City Branding, Tourist Motivation, and Decision to visitABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh secara bersama-sama City Branding “The Soul of  Madura†dan Motivasi Wisatawan terhadap keputusan berkunjung;  pengaruh City Branding“The Soul of Madura†terhadap Keputusan berkunjung ke Kabupaten Sumenep; pengaruh Motivasi wisatawan terhadap Keputusan berkunjung wisatawan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang responden wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sumenep. Jenis sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik pengambilan sample purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah dengan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah: City Branding “The Soul of Madura†dan motivasi wisatawan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan berkunjung ke Kabupaten Sumenep; City Branding “The Soul of Madura†berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan berkunjung ke Kabupaten Sumenep; motivasi wisatawan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan berkunjung Ke Kabupaten Sumenep. Kata Kunci : City Branding, Motivasi Wisatawan, dan Keputusan Berkunjung   

Downloads

Published

2016-08-22

Issue

Section

Articles