PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Pembeli Oppo Smartphone di Counter Handphone MATOS)

Authors

  • Cindy Mei Alfionita
  • . Suharyono
  • Edy Yulianto

Abstract

The purpose of this study was to determine the influence between variables Brand Equity to Purchase Decision Structure and determine the dominant influence of variables. The sample of 100 people. The samples in this study using purposive sampling. To analyze the data used multiple linear regression test and partial linear regression test. The results in this study showed that together variable brand awareness, brand association, the impression of quality and brand loyalty significant influence on  the structure of purchase decision. Partially, variable brand awareness, brand association, and brand loyalty showed a significant influence on the structure of purchase decision, meanwhile, the variable quality impression shows the influence of variables that are not significant. The variable dominant influence on consumer purchasing decisions of variable quality impression.

Keyword : Brand, Brand Equity, Purchasing decisions

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh antara variabel–variabel Ekuitas Merek yaitu Kesadaran Merek, Kesan Kualitas, Asosiasi Merek dan Loyalitas Merek terhadap Struktur Keputusan Pembelian serta mengetahui pengaruh dominan dari variabel–variabel tersebut. Sampel dalam penelitian sebanyak 100 orang. Analisis data menggunakan uji regresi linear berganda dan uji regresi parsial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Kesan Kualitas dan Loyalitas Merek berpengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian secara bersama-sama. Secara parsial, variabel Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, dan Loyalitas Merek menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian, sedangkan variabel Kesan Kualitas berpengaruh tidak signifikan. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap Stuktur Keputusan Pembelian yaitu variabel Kesadaran Merek.

Kata Kunci : Merek, Ekuitas Merek, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2016-08-11

Issue

Section

Articles