PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND IMAGE (Survei pada Konsumen Kosmetik Wardah di Counter Wardah Kota Malang)

Authors

  • Nike Cholifah
  • . Suharyono
  • Kadarisman Hidayat

Abstract

This research aims to determine and describe the influance of variables in Celebrity Endorser which consist of Trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Respect, and Similarity that owned by Wardah’s celebrities toward Brand Image of Wardah cosmetics. The type of this research is explanatory research with quantitative approach. The population in this research is the consumer of Wardah cosmetics at Wardah’s counter in Matahari Department Store Malang Town Square and Raya Shop Malang whom ever seen Wardah’s ads, ever buying and using Wardah cosmetics. The sample in this research are108 respondents chosen with accidental sampling and data collection method using questionnaires. Analysis of data use descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The result of multiple linear regression analysis jointly show that variables in Celebrity Endorser which consist of Trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Respect, and Similarity have significant influance toward Brand Image. Partially, the five variables in Celebrity Endorser have significant effect on Brand Image. Respect is variable which has a dominant influence with the largest value of the coefficient B 0.527. Keyword: Celebrity Endorser, Brand Image ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel-variabel dalam Celebrity Endorser yang terdiri dari Trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Respect, dan Similarity yang dimiliki selebriti Wardah terhadap Brand Image kosmetik Wardah. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen kosmetik Wardah pada counter Wardah di Matahari Department Store Malang Town Square dan Toko Raya Malang yang pernah melihat iklan Wardah, pernah membeli dan menggunakan kosmetik Wardah. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 108 orang responden dengan menggunakan teknik accidental sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis linear berganda secara bersama-sama menunjukkan bahwa variabel-variabel dalam Celebrity Endorser yang terdiri dari Trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Respect, dan Similarity berpengaruh signifikan terhadap Brand Image. Secara parsial, kelima variabel dalam Celebrity Endorser tersebut berpengaruh signifikan terhadap Brand Image. Respect merupakan variabel yang berpengaruh dominan dengan nilai koefisien B terbesar yaitu 0,527. Kata Kunci: Celebrity Endorser, Citra Merek

Downloads

Published

2016-08-11

Issue

Section

Articles