PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP MINAT BERPERILAKU DALAM PENGGUNAAN E-LEARNING (Studi Pada Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)

Authors

  • Fitri Imandari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat berperilaku dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dalam menggunakan e-learning untuk menunjang proses belajar mengajar. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan, dan minat berperilaku. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 54 orang responden dari populasi sejumlah 114 orang responden. Sejumlah 54 kuesioner dibagikan kepada responden, namun hanya 47 kuesioner yang kembali dan dapat diolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemanfaatan berpengaruh positif signifikan terhadap minat berperilaku dalam penggunaan e-learning dan persepsi kemudahan berpengaruh positif signifikan terhadap minat berperilaku dalam penggunaan e-learning. Hal ini menunjukkan bahwa apabila responden merasa e-learning bermanfaat dan mudah digunakan, maka responden akan beniat untuk memanfaatkan e-learning tersebut dan apabila manfaat e-learning semakin meningkat, maka semakin meningkat pula minat responden untuk menggunakannya. Hal yang sama juga berlaku untuk persepsi kemudahan, apabila e-learning semakin mudah digunakan, maka minat responden untuk menggunakan e-learning akan meningkat.

Kata Kunci : Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan, Minat Berperilaku, E-learning.

Downloads

Published

2013-07-08

Issue

Section

Articles