PENGARUH CULTURAL BARRIER TERHADAP KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA DAN STRES KERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan PT. Krakatau Daedong Machinery – Cilegon)

Authors

  • Auliya Az Zahra
  • Arik Prasetya

Abstract

This study will explain how cultural barrier, cross-cultural communication and employee job stress occur at PT. Krakatau Daedong Machinery. The study also aimed to determine whether there is a significant relationship between the cultural barrier, cross-cultural communication and employee job stress . This research located at PT. Krakatau Daedong Machinery - Cilegon with all the employees and staff as a population. Explanatory research was conducted in this research with a quantitative approach. In this study cultural barrier consist with language differences, ethnocentrism, and behavior differences as exogenous variable, meanwhile cross-cultural communication and employee job stress becomes an endogenous variable in this study. Data collection techniques in this research is by questionnaires that is completed by employees as respondents. The analyisis data method in this study will be using descriptive analysis and path analysis method.

Keyword: Cultural Barrier, Intercultural Cross Communication, MNC, Expatriate, Employee Job Stress

ABSTRAK

Penelitian ini akan menjelaskan bagaimana gambaran cultural barrier, komunikasi lintas budaya dan stress kerja karyawan pada PT. Krakatau Daedong Machinery. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara cultural barrier, komunikasi lintas budaya dan stress kerja karyawan .Penelitian ini berlokasi di PT. Krakatau Daedong Machinery – Cilegon dengan 118 karyawan sebagai populasi. Penelitian eksplanatori ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Cultural barrier yang terdiri dari perbedaan bahasa, sikap etnosentrisme dan perbedaan perilaku menjadi variabel eksogen dalam penelitian ini. Sedangkan, komunikasi lintas budaya dan stress kerja menjadi variabel endogen dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penilitian ini menggunakan kuesioner yang diisi oleh para karyawan sebagai responden. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis jalur (path).

Kata kunci: Cultural Barrier, Komunikasi Lintas Budaya, Perusahaan Multinasional, Ekspatriat, Stres Kerja Karyawan

Downloads

Published

2016-07-28

Issue

Section

Articles