EXPERIENTAL MARKETING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN MINAT PEMBELIAN ULANG (REPURCHASE INTENTION) (Survei padaPelanggan Warung Coto Abdullah Daeng Sirua, Kota Makassar)

Deasy Rahayu, Srikandi Kumadji, Andriani Kusumawati

Abstract


This research aims to clarify the influence of experimental marketing to customer satisfaction, the influence of experimental marketing to repurchase intention and the influence of customer satisfaction to repurchase intention. This type of research is explanatory associative with quantitative approach. Variable in this research is experimental marketing, customer satisfaction, and repurchase intention. Population in this research is Coto Abdesir Restaurant’s customer aged 17 years old and older, knew how to fill in a questionnaire and was visited more than twice in last two month.  The sample used in this research was 113 people chosen with purposive sampling and data collection methods in questionnaire. Analysis of data used descriptive analysis and path analysis. The result of path analysis shows that experimental marketing significantly influence the customer satisfaction and repurchase intention, customer satisfaction significantly to repurchase intention. Based on this research’s result the owner of Coto Abdesir restaurant have to keep and increase the customer’s purchase intention by providing new varians of meat on their Coto Abdesir for example using chicken, lamb or horseflesh without prejudicing the good aspects that already exist.

Keywords : Experiental Marketing, Customer Satisfaction, Repurchase Intention

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk  menjelaskan pengaruh experiental marketing terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh experiental marketing terhadap minat pembelian ulang (repurchase intention), dan pengaruh kepuasan pelanan terhadap minat pembelian ulang (repurchase intention). Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi Experiental marketing, kepuasan pelanggan, dan minat pembelian ulang. Populasi penelitian ini adalah pelanggan Warung Coto Abdesir yang berumur 17 tahun ke atas, mengetahui cara pengisian angket dan telah berkunjung lebih dari dua kali ke Warung Coto Abdesir selama dua bulan terakhir. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 113 responden yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analisis). Hasil analisis jalur (path analisis) menunjukkan bahwa experiental marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan minat pembelian ulang , kepuasan pelanggan  berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian ulang . Berdasarkan hasil penelitian ini sebaiknya Pemilik Warung Coto Abdesir menjaga dan meningkatkan intensitas pembelian pelanggan dengan cara memberikan varian daging yang baru seperti menggunakan ayam, kambing dan daging kuda tanpa mengurangi aspek-aspek yang sudah ada.

Kata Kunci: Experiental Marketing, Kepuasan Pelanggan, Minat Pembelian Ulang



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.