ANALISIS MOTIVASI BERKUNJUNG WISATAWAN DAN TINGKAT PENGETAHUAN WISATAWAN TENTANG PRODUK INDUSTRI KREATIF SEKTOR KERAJINAN (Studi pada Wisatawan Domestik di Kota Batu, Jawa Timur)

Authors

  • Fiki Nurrohman Amin Sahara
  • Mohammad Iqbal
  • Brillyanes Sanawiri

Abstract

Batu City has a lot of tourism potential to be developed either potential natural tourism, artificial tourism (man-made attraction) and local community based educational tourism as creative industry products of handicrafts sector. This Research used explorative or exploratory with mix-methods approach. This research’s purpose is to know and identify the dominant motivation convincing tourists to visit Batu City and knowledge rate of tourists about creative industry products of handicraft sector in Batu City. The findings in the field of dominant motivation (factor) driving tourists to visit Batu City was rest and relaxation for push factor and the pull factor of tourists to visit Batu City was recreation facilities (including tourism modes, accommodation, transportation, etc). While, the result of research on knowledge rate of tourists about creative industry products of handicraft sector show tourists still low knowledge related to the wide range of creative industry products mainly from the handicraft sector. The lack of tourist knowledge aligned with a bit of information obtained about the creative industry products of handicrafts sector in Batu City, East Java. The tourist more information on the products famous tourism in Batu City based artificial tourism (man -made attraction). Keywords: Tourist Motivation, Knowledge Rate, Creative Industry, Handicraft ABSTRAK Kota Batu mempunyai banyak potensi wisata yang layak untuk dikembangkan baik itu potensi wisata alam, wisata buatan (man-made attraction) dan wisata edukasi berbasis masyarakat lokal seperti produk industri kreatif sektor kerajinan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksporatif/ eksploratori (explorative/ exploratory) dengan pendekatan metode campuran (mix-methods). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi motivasi wisatawan yang dominan ke Kota Batu dan tingkat pengetahuan wisatawan tentang produk industri kreatif sektor kerajinan di Kota Batu. Hasil temuan di lapangan menunjukkan faktor dominan motivasi wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu adalah istirahat dan relaksasi (rest and relaxation) untuk faktor pendorong dan faktor penarik wisatawan untuk datang ke Kota Batu adalah fasilitas wisata/ recreation facilities (wahana di wisata buatan, akomodasi, transportasi, dll). Sedangkan, hasil penelitian mengenai tingkat pengetahuan wisatawan tentang produk industri kreatif sektor kerajinan menunjukkan wisatawan masih memilki pengetahuan yang rendah terkait adanya berbagai produk industri kreatif terutama dari sektor kerajinan. Minimnya pengetahuan wisatawan selaras dengan sedikit informasi yang didapatkan oleh wisatawan mengenai produk industri kreatif sektor kerajinan di Kota Batu, Jawa Timur. Wisatawan lebih banyak mendapatkan informasi tentang produk unggulan wisata di Kota Batu yang berbasis wisata buatan (man-made attraction). Kata Kunci: Motivasi Wisatawan, Tingkat Pengetahuan, Industri Kreatif, Kerajinan

Downloads

Published

2016-07-13

Issue

Section

Articles