ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA REKSADANA SYARIAH DAN REKSADANA KONVENSIONAL (Studi pada Reksadana yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Periode 2012-2016)

Authors

  • Elliv Hidayatul Lailiyah
  • . Suhadak
  • Sri Sulasmiyati

Abstract

The purpose of this research are to know, describe and analyze the performance of comparison between Sharia and Conventional Mutual Funds based on Sharpe, Treynor, Jensen and growth of AUM (Asset Under Management) methods. The type of this research is descriptive research with the quantitative approach. This study uses NAV (Net Asset Value) data from November 2012 to January 2016 with 20 samples of Sharia and Conventional Mutual Funds.The result of data analysis show that Conventional Mutual Funds has better performance than Sharia Mutual Funds by using Sharpe, Treynor and growth of AUM methods. Meanwhile, by using Jensen method, Sharia Mutual Funds has better performance than Conventional Mutual Funds.

Keywords : performance, Sharia Mutual Funds, Conventional Mutual Funds, comparison

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis perbandingan kinerja Reksadana Syariah dan Konvensional berdasarkan metode Sharpe ,Treynor, Jensen, dan pertumbuhan AUM (Asset Under Management). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data NAB (Nilai Aktiva Bersih) dari bulan November 2012 hingga Januari 2016 dengan jumlah sampel sebanyak 20 reksadana yang terdiri dari Reksadana Syariah dan Konvensional. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Reksadana Konvensional memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan Reksadana Syariah jika menggunakan perhitungan dengan metode Sharpe, Treynor dan pertumbuhan AUM. Sedangkan jika menggunakan metode Jensen, Reksadana Syariah memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan Reksadana Konvensional.

Kata kunci : kinerja, Reksadana Syariah, Reksadana Konvensional, perbandingan

Downloads

Published

2016-07-13

Issue

Section

Articles