PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Penelitian pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Mengkonsumsi Produk Mie Instan merek Indomie)

Authors

  • Didin Kartikasari

Abstract

Penelitian ini menggunakan explanatory research dengan latar belakang bahwa untuk mencapai tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian, dan pengujian hipotesis. Variabel dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Variabel Independen yaitu  budaya ( ), sosial ( ), pribadi ( ) dan psikologis ( ), untuk variabel depende yaitu Struktur Keputusan Pembelian (Y). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Administrasi Bisnis angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang mengkonsumsi produk Mie Instan Merek Indomie, dengan sampel sebanyak 109 responden yang diambil dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan wawancara. Uji instrumen dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabelitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.  Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa : Perilaku Konsumen (X) yang terdiri dari variabel budaya ( ), sosial ( ), pribadi ( ) dan psikologis ( ) secara bersama – sama memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y). Perilaku Konsumen yang terdiri dari variabel budaya ( ) dan pribadi ( ) secara parsial tidak mempengaruhi Keputusan Pembelian (Y), sedangkan variabel sosial ( ), psikologis ( ) secara parsial mempengaruhi Keputusan Pembelian (Y).

Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian

This research utilizes explanatory research with that background to reach to the effect research which is to know The Effects of Consumer Behavior on Purchasing Desicion, and hypothesis testing. The research variables are as follows: Independent Variables is Consumer Behavior(X), , while the Dependent Variable is Purchase Decision Structure (Y) .This study population is Business Administration Student Year 2012/2013 Administrative Faculty of Brawijaya University who Consume Instant Noodle Indomie Products, with a sample of 109 respondents were taken by purposive sampling. Data collection techniques in this study using questionnaires and interviews. Test instruments using validity and reliability testing. Analysis using multiple linear regression analysis. The data obtained were processed using SPSS 16.0 for Windows.The results showed that: Consumer Behavior(X) have variables Cultural ( ), Social ( ), Personal ( ), and Psychological ( ) variables have a collective effect on purchasing decision, Consumer Behavior (X) have variables Cultural ( ), Personal ( ) don’t have partial effects on the purchasing decision (Y). Consumer Behavior (X) have variables Social ( ), and Psychological ( ) variables have partial effects on the purchasing decision (Y).

 

Keywords: Consumer Behavior, Purchase Decision

Downloads

Published

2013-07-08

Issue

Section

Articles