PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP CITRA MEREK DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei kepada Pengunjung Warung Kopi Kriwul, Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang yang Pernah Melihat Iklan dan Membeli TOP Coffee)

Authors

  • Puthud Wijanarko
  • . Suharyono
  • Zainul Arifin

Abstract

The study aims to understand and clarifity:  the influence of Celebrity Endorser on  Brand Image,  the effect of Brand Image on Purchase Decisions, the influence of Celebrity Endorser on Purchase Decisions. The type of this research is explanatory research with quantitative method. The variables are Celebrity Endorser, Brand Image and Purchase Decisions. The population in this research is kriwul coffee and pool’s customer who was seen the ads and buy the TOP Coffe. There sample used in this research was 116 people chosen with purposive sampling and data collection methode is questionneres, and analysis of data used descriptive analysis and path analysis. The results of path analysis shows that, Celebrity Endorser Variable have significant effect on Brand Image Variable, Brand Image Variable have significant effect on Purchase Decisions Variable and Celebrity Endorser Variable have significant effect on Purchase Decision Variable.

Keywords: Celebrity Endorser, Brand Image, Purchase Decisions

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: pengaruh Celebrity Endorser terhadap Citra Merek, pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian, pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi Celebrity Endorser, Citra Merek dan Keputusan Pembelian. Populasi penelitian ini adalah pengunjung Warung Kopi “Kriwul Coffee and Pool’’  yang pernah melihat iklan dan membeli TOP Coffee. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 responden yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analisys). Hasil analisis jalur (path analisys) menunjukkan bahwa, Variabel Celebrity Endorser berpengaruh signifikan terhadap Variabel Citra Merek, Variabel Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap Variabel Keputusan Pembelian, Variabel Celebrity Endorser berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian.

Kata Kunci: Celebrity Endorser, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2016-06-01

Issue

Section

Articles