PENGENDALIAN MODAL KERJA SEBAGAI UPAYA MENINGKTKAN PROFITABILITAS KOPERASI (Studi pada Koperasi Unit Desa “BATU” Periode 2012-2014)

Authors

  • Hening Lembarati
  • . Topowijono
  • Nengah Sudjana

Abstract

Working capital is one of the elements that must be managed properly and wisely by the cooperative. Working capital management of good will have a positive impact on the cooperative, one to increase the profitability desired. Working capital management is done by controlling the working capital to fit the needs that are not advantages and disadvantages. The purpose of this study was to determine how to control working capital in order to enhance profitability at KUD "BATU" during the last three periods. Type this experiment is a descriptive study. Based on the results of research conducted, it can be seen that the ratio of profitability cooperative has fluctuations and tend to decline in the three study periods. This shows the lack of efficiency of working capital so it can not achieve the desired profitability. Things need to be done by the cooperatives associated with increased profitability is to make projections of financial statements to estimate expenditures and receipts obtained and lower costs incurred for the cooperative's operations.

Keywords: Working Capital, Controling, Profitability

ABSTRAK

Modal kerja merupakan salah satu elemen yang harus dikelola dengan baik dan bijak oleh koperasi. Modal kerja dengan pengelolan yang baik akan berdampak positif pada koperasi, salah satunya untuk meningkatkan profitabilitas yang diinginkan. Pengelolaan modal kerja dilakukan dengan cara mengendalikan modal kerja tersebut agar sesuai dengan kebutuhan supaya tidak kelebihan dan kekurangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengendalian modal kerja demi meningkatkan profitabilitas pada Koperasi Unit Desa “BATU†selama tiga periode terakhir. Jenis penelitin ini merupakan penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa rasio profitabilitas koperasi mengalami fluktuasi dan cenderung mengalami penurunan pada tiga periode penelitian. Hal ini menunjukkan kurang efisiensinya modal kerja sehingga belum dapat meraih profitabilitas yang diinginkan. Hal yang perlu dilakukan oleh koperasi terkait dengan peningkatan profitabilitasnya adalah membuat proyeksi laporan keuangan untuk memperkirakan pengeluaran dan penerimaan yang diperoleh dan menekan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk jalannya operasional koperasi.

Kata Kunci: Modal Kerja, Pengendalian, Profitabilitas

 


Downloads

Published

2016-06-01

Issue

Section

Articles