ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK MINAT SEWA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN SEWA LAPANGAN FUTSAL (Survei pada Konsumen Arena Futsal Tidar Malang, Jawa Timur)

Authors

  • Ryan Nanda Whendy
  • Srikandi Kumadji
  • . Sunarti

Abstract

This study aims to identify factors Interests Shapers Rent, influence factors formed together to Decision Futsal Rental, influence factors formed partially on rental Decision Futsal, and know dominant factor. Research type used in this research is explanatory research with quantitative approach. The population is that consumers Futsal Arena Tidar Malang, East Java, with a total sample of 108 respondents. The sampling technique using Accidental Sampling. Data collection methods with questionnaires. Analysis of the data used is descriptive analysis, factor analysis, multiple linear regression analysis, and partial regression analysis. The results indicate that there are five factors forming the rental interest, namely the Price Factor, Promotion Factor, Facilities Factor, Availability of Contact Person Factor and Location Factor. These five factors is jointly significant effect on rental Decision Futsal indicated by the value of Adjusted R Square of 0.491 with a significance level of 0.000 (p <0.05). These five factors are partially significant effect on Decision rental Futsal indicated by the regression coefficient (B) respectively: 0.454, 0,296, 0.163, 0.342, and 0.232 with a significance of 0.000 (p <0.05). The dominant factor is the Price Factor. The results are expected Futsal Arena Tidar maintain a predetermined price and deliver innovation on the type of field.

Key Words : Facilities, Price, Location, Promotion, Lease Decision

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan faktor Pembentuk Minat Sewa, pengaruh faktor yang terbentuk secara bersama-sama dan parsial terhadap Keputusan Sewa Lapangan Futsal, dan faktor yang dominan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Arena Futsal Tidar Malang, Jawa Timur dengan jumlah sampel 108 orang responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling. Metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis faktor, analisis regresi linear berganda, dan analisis regresi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima faktor Pembentuk Minat Sewa, yaitu Faktor Harga, Faktor Promosi, Faktor Fasilitas, Faktor Tersedianya Kontak Person, dan Faktor Lokasi. Kelima Faktor tersebut secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Sewa Lapangan Futsal dengan Adjusted R Square sebesar 0,491 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05). Kelima Faktor tersebut secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Sewa Lapangan Futsal yang dengan nilai koefisien regresi (B) masing-masing : 0,454, 0,296, 0,163, 0,342, dan 0,232 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05). Faktor dominan adalah Faktor Harga dengan nilai Beta tertinggi sebesar 0,454. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan pihak Arena Futsal Tidar mempertahankan harga sewa dan memberikan inovasi pada jenis lapangan.

Kata Kunci : Fasilitas, Harga, Lokasi, Promosi, Keputusan Sewa

Downloads

Published

2016-05-24

Issue

Section

Articles