ANALISIS ASEAN BANKING INTEGRATION FRAMEWORK (ABIF) UNTUK KINERJA PERBANKAN DI ASEAN (Studi Perbankan pada Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand Tahun 2012 - 2014)

Authors

  • Haris Ahmad Hasan
  • . Suhadak
  • Sri Sulasmiyati

Abstract

ASEAN Banking Integration Framework (ABIF) is a banking integration framework created to support implementation of ASEAN Economic Community (AEC). Indonesian banking readiness will be assessed base on the analysis of indicator and financial ratio. The research objective is to analyze readiness Indonesian banking comparing with Filipina, Malaysia, Singapura, dan Thailand to facing ABIF. Type of this research is explanatory research with quantitative approach. The research sampel is use full sample. The sample is three largest banks assets in 2014 from each country. Data analysis technique base on the distribution of data using the Kolmogorov-Smirnov Test. This research use ANOVA test and Kruskal Wallis test. The results show there are significantly different in the CAR, NIM, EEA, LDR, ROA, ROE, and AGR banking in the Philippines, Indonesia, Malaysia, Singapore, and Thailand. The results also show there are no significantly different in the CAR, RORA, NPL, and LOA banking in five countries. Average of financial ratios CCA, RORA, NIM, ROA, and ROE Indonesian banking are better than in the four other countries. CAR, NPL, EEA, LOA, LDR, and AGR Indonesian banks are less well than the other four countries.

Keyword : ABIF, ASEAN Banking Financial Performance, ANOVA, Kruskal Wallis

ABSTRAK

ASEAN Banking Integration Framework (ABIF) merupakan kerangka integrasi perbankan yang diciptakan ASEAN untuk mendukung pelaksanan ASEAN Economic Community (AEC). Kesiapan perbankan Indonesia akan dinilai berdasarkan analisis indikator dan rasio keuangan terpilih. Tujuan penelitian ini untuk melakukan analisis kesiapan perbankan Indonesia dibandingkan dengan negara Filipina, Malaysia, Singapura, dan Thailand dalam menghadapi ABIF. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitan ini menggunakan sampel jenuh. Sampel penelitian adalah tiga bank yang memiliki aset terbesar pada tahun 2014 pada masing – masing negara. Teknik analisis data yang digunakan berdasarkan pada distribusi data yang di uji menggunakan Kolmogorov-Smirnov Test. Penelitian ini menggunakan uji ANOVA dan uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada rasio CCA, NIM, EEA, LDR, ROA, ROE, dan AGR perbankan di negara Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan pada rasio CAR, RORA, NPL, dan LOA perbankan pada kelima negara. Rata – rata rasio keuangan CCA, RORA, NIM, ROA, dan ROE perbankan Indonesia lebih baik dari pada keempat negara lainnya. Rasio CAR, NPL, EEA, LOA, LDR, dan AGR perbankan Indonesia masih kurang baik dibandingkan keempat negara lainnya.

Kata Kunci : ABIF, Kinerja Keuangan Perbankan ASEAN, ANOVA, Kruskal Wallis

Downloads

Published

2016-05-12

Issue

Section

Articles