PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP EMOSI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Survei pada Konsumen Distro Fourth Blade Nation, Malang)

Authors

  • Zaira Fauziah
  • Srikandi Kumadji
  • Muhammad Kholid Mawardi

Abstract

This research aims to determine : The influence of Store Atmosphere to the Emotion, the influence of Store Atmosphere to Purchase Decision, and the influence of Emotion on Purchasing Decision. This research method was conducted by explanatory research  with quantitative approach.  The total sample is 116 respondents who are customers of Distro Fourth Blade Nation, Malang. The sampling technique used accidental sampling technique. Data collection methods used in this study by distributing questionnaires. Analysis of the data used is descriptive analysis and path analysis. The results of this research shows that: store atmosphere has influence on emotion with path coefficient is 0,699 and the level of significance is 0,000 (p<0,05); store atmosphere has influence on purchase decision, with path coefficient is 0,465 and the level of significance is 0,000 (p<0,05); emotion has influence on purchase decision, with path coefficient is 0,348 and the level of significance is 0,000 (p<0,05). Based on this research, then suggested the Fourth Blade Nation companies can to maintain and improve the structuring store atmosphere to stimulate the emotions of visitors thus increasing consumer purchasing decisions. Key Words: Store Atmosphere, Emotion, Purchase Decision ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Store Atmosphere terhadap Emosi, pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Konsumen, dan pengaruh Emosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 116 orang responden yang merupakan Konsumen Distro Fourth Blade Nation, Malang. Teknik Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuisioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa: variabel store atmosphere secara signifikan terbukti berpengaruh terhadap emosi dibuktikan dengan koefisien jalur sebesar 0,699 dan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,05); variabel store atmosphere secara signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, dibuktikan dengan koefisien jalur sebesar 0,465 dan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,05); variabel emosi  secara signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, dibuktikan dengan koefisien jalur sebesar 0,348 dan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan agar pihak Distro Fourth Blade Nation, Malang mampu mempertahankan dan meningkatkan penataan store atmosphere untuk merangsang emosi pengunjung sehingga keputusan pembelian konsumen meningkat. Kata Kunci: Store Atmosphere, Emosi, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2016-05-02

Issue

Section

Articles