PENGARUH PEMASARAN HIJAU TERHADAP CITRA MEREK HIJAU SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Strata-1 Angkatan 2012/2013 dan 2013/2014 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Menggunakan Tis

Authors

  • Rina Dwi Agustina
  • Achmad Fauzi DH
  • . Wilopo

Abstract

The study aims to understand and analyze the influence of green marketing toward green brand image and purchase decision of product tissue Tessa. The type of this study is explanatory research using quantitative approach. The samples in this study are 116 respondents that are Students of Department of Business Administration Strata-1 Class of 2012/2013 and 2013/2014 Faculty of Administrative Science Universitas Brawijaya who use tissue product named Tessa by applying the purposive sampling technique. The data is collected from respondents by distributing questionnaires directly in Faculty of Administrative Science Universitas Brawijaya. In analyzing the data, descriptive and path analysis are used. The result of the study shows that the variable of Green Marketing influences toward Green Brand Image, the variable of green brand image influences toward the Purchase Decision, and the variable of green brand image influences toward purchase decision. Keywords: Green Marketing, Green Brand Image, Purchase Decision. ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Pemasaran Hijau terhadap Citra Merek Hijau dan Keputusan Pembelian terhadap produk tisu Tessa. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 116 orang responden yang merupakan mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Strata-1 angkatan 2012/2013 dan 2013/2014 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang menggunakan produk tisu merek Tessa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang dipergunakan yaitu dengan menyebarkan angket secara langsung di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Pemasaran Hijau terbukti berpengaruh terhadap Citra Merek Hijau, Variabel Citra Merek Hijau terbukti berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, dan variabel Pemasaran Hijau terbukti berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Kata kunci: Pemasaran Hijau, Citra Merek Hijau, Keputusan Pembelian.  

Downloads

Published

2016-04-25

Issue

Section

Articles