PENGARUH PSIKOLOGI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada PT. Winnertech Lintas Nusa)

Authors

  • Shaila Wida Raharja Brawijaya University

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh simultan (secara bersama- sama) maupun parsial antara Faktor Psikologis Konsumen terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey untuk mendapatkan data primer, jenis penelitian skripsi yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research). Variabel penelitian ini adalah variabel Motivasi (X1), variabel Persepsi (X2), variabel Sikap (X3), dan variabel Pembelajaran (X4) sebagai variabel- variabel yang mempengaruhi dan variabel Keputusan Pembelian (Y) sebagai variabel yang dipengaruhi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji F dan analisis parsial dengan uji t untuk mengetahui pengaruh baik secara simultan (bersama- sama) maupun parsial antara variabel yang di teliti.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai F hitung yaitu sebesar 6.494 F tabel sebesar 2.486 (F hitung > F tabel ), yang berarti bahwa secara bersama- sama variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Sikap (X3), dan Pembelajaran (X4) mempunyai pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Besarnya pengaruh atau kontribusi dari variabel bebas secara bersama-sama dapat dilihat dari nilai Adjusted R Square sebesar 0,483. Hal ini berarti bahwa kemampuan variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Sikap (X3), dan Pembelajaran (X4) secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap variabel Keputusan Pembelian sebesar 48,3%, sedangkan sisanya sebesar 51,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Nilai R (koefisien korelasi) sebesar 0,709 nilai korelasi ini menunjukkan bahwa hubungan antara variabel bebas yaitu Motivasi (X1), Persepsi (X2), Sikap (X3), dan Pembelajaran (X4) dengan Keputusan Pembelian termasuk dalam kategori kuat karena pada selang 0,5 – 0,75. Hubungan antara variabel bebas yaitu Motivasi (X1), Persepsi (X2), dan Sikap (X3) dengan Keputusan Pembelian bersifat positif, artinya jika variabel bebas semakin ditingkatkan maka Keputusan Pembelian juga akan mengalami peningkatan.

Hasil uji t untuk nilai t hitung variabel Motivasi (X1) 2,255 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y), karena nilai t hitung > t tabel. Variabel Persepsi (X2) 2,208 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y), karena nilai t hitung > t tabel. Variabel Sikap (X3) 2,099 255 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) karena nilai t hitung > t tabel. Variabel Pembelajaran (X4) 2,398 mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian, jadi H0 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa Struktur Keputusan Pembelian dapat dipengaruhi secara tidak signifikan oleh Pembelajaran (X4) atau semakin besar Pembelajaran (X4) maka tidak akan mempengaruhi Struktur Keputusan Pembelian (Y).

Kata Kunci : Psikologi Konsumen, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2013-06-21

Issue

Section

Articles