EVALUASI SISTEM PEMBERIAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) DALAM MENGANTISIPASI TERJADINYA KREDIT BERMASALAH (Studi pada PT. Bank Jatim (Persero) Tbk Cabang Malang)

Authors

  • Citra Dewi Putri Suryono
  • Siti Ragil Handayani
  • Siti Ragil Handayani
  • . Dwiatmanto

Abstract

Bank is one of the financial institutions which have an important role in the management of funds to the community in the form of credit. One form of service credits granted by banks are lending home ownership. This study aims to determine the system for granting loans which is applied by PT. Bank Jatim (Persero) Tbk Branch Malang in anticipating loan arrears. The type of research that used in this research is descriptive research with qualitative approach. The research techniques used are interview and documentation.The results of the study explained that the implementation of system for granting mortgage in PT. Bank Jatim (Persero) Tbk Branch Malang still not effective, this is evidenced by the number of problem loans or non-performing loans are increasing every year.The weakness that makes ineffective are that a number of tasks performed by the accounts section officer at the current stage of the credit analysis and on the spot, the interviews were conducted one time, and the absence of form Instruction Credit Disbursement) as notice to withdraw funds approved credit and signed by the Branch Manager.

Keywords :Evaluation System, Lending Home Ownership, Anticipating Non Performing Loans

ABSTRAK

Bank merupakan salah satu lembaga keuangan yang memiliki peranan penting dalam hal pengelolaan dana kepada masayarakat dalam bentuk kredit. Salah satu wujud pelayanan  kredit yang diberikan oleh bank adalah pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR).  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pemberian kredit pemilikan rumah (KPR) yang diterapkan pada PT. Bank Jatim (Persero) Tbk Cabang Malang dalam upaya untuk mengantisipasi terjadinya kredit bermasalah yang terjadi pada bank tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menerangkan bahwa penerapan sistem pemberian KPR PT. Bank Jatim (Persero) Tbk Cabang Malang masih belum efektif dalam pelaksanaannya, hal ini dibuktikan dengan jumlah kredit bermasalah atau non performing loan yang semakin menigkat setiap tahunnya. Kelemahan yang menjadikan tidak efektif adalah adanya perangkapan tugas yang dilakukan oleh bagian account officer pada saat tahap analisis kredit dan on the spot, wawancara hanya dilakukan satu kali, dan tidak adanya form Instruksi Pencairan Kredit (IPK) sebagai pemberitahuan untuk mencairkan dana kredit yang telah disetujui dan di tandatangani oleh Pimpinan Cabang.

Kata Kunci: Evaluasi Sistem, Pemberian Kredit Pemilikan Rumah, Mengantisipasi Kredit Bermasalah

Downloads

Published

2016-03-07

Issue

Section

Articles