ANALISIS PENGARUH CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) TERHADAP CITRA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Masyarakat Sekitar PT. Adaro Indonesia di Kalimantan Selatan)

Authors

  • Bayu Bajra
  • Zainul Arifin
  • . Sunarti

Abstract

This study aims to determine the effect of corporate social responsibility to the company's image in the community and stakeholders. The independent variable in this study is a support to the community and Environment, with the related variables is the image of Company. This type of research is descriptive research with quantitative approach. Analysis of the data used is multiple linear regression statistical analysis using SPSS 21.0. The coefficient of determination of 0.514, which means that 51.4% Corporate Image variable will be influenced by the independent variables, is support to the community and Environment. While the remaining 48.6% Corporate Image variable will be influenced by other variables that are not addressed in this study. Simultaneous test results (test F), showed that support for communities and the environment simultaneously affect the company's image. While the partial test (t test) showed that the independent variable first public support to significantly affect the related variables, it also occurs in both is free of environmental variables that influence significantly to the company's image.

Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), company image

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengeruh dari tanggung jawab sosial perusahaan terhadap citra atau gambaran perusahaan dimasyarakat dan di stakeholder. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Dukungan kepada masyarakat dan Lingkungan, dengan variabel terkati yaitu Citra Perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisi data yang digunakan adalah analisis statistik regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS 21.0. Nilai koefisien determinasi  sebesar 0,514 yang berarti bahwa 51,4% variabel Citra Perusahaan akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu Dukungan kepada masyarakat dan Lingkungan. Sedangkan sisanya 48,6% variabel Citra Perusahaan akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil uji simultan (uji F), menunjukkan bahwa dukungan kepada masyarakat dan lingkungan secara simultan berpengaruh terhadap citra perusahaan. Sedangkan uji parsial (uji t) menunjukkan  bahwa variabel bebas yang pertama dukungan kepada masyarakat berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terkait, hal ini juga tejadi pada varibel bebas kedua yaitu lingkugan yang berpengaruh terhadap secara signifikan terhadap citra perusahaan.

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), citra perusahaan

Downloads

Published

2016-01-29

Issue

Section

Articles