PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN MENYAKSIKAN PERTANDINGAN LA CAMPUS BASKETBALL LEAGUE ( Survei pada Mahasiswa yang Menyaksikan Pertandingan Bola Basket di GOR Pertamina Universitas Brawijaya )

Authors

  • Gandu Eka Saputra
  • Edy Yulianto Yulianto
  • Dahlan Fanani Fanani

Abstract

This study aims to determine the effect of simultaneous and partially influence the brand image of the decision variables of watch, as well as the dominant variable affecting the decision to watch the game. This research included in this type of research exsplanatory, where the study was designed to clarify the causal relationship that occurs between the brand image variables UB Basketball team consisting of image-makers (corporate image), the image of the user (user image), the image of the product (product image ), the decision of the LA Campus students Watching BasketBall League match. To determine the number of respondents, researchers used Roscoe opinion, the number of respondents of 100 respondents. While sampling technique using purposive sampling, data analysis technique used is multiple regression, F-test, and t test. From the results of the F test, t test, and multiple linear regression can be seen that the two variables are the image makers (corporate image) and the image of the user (user image) has a significant influence on the decision of choosing UB, while the variable product image (product image) because has a beta coefficient and the large t . From the analysis, it is known that the variable product image (product image) is the dominant variable affecting the selection decision. Keywords: Brand image, corporate image, user image, product image, , decision to the watch game ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan pengaruh secara parsial antara variabel brand image dengan keputusan menyaksikan, serta variabel yang dominan mempengaruhi keputusan menyaksikan pertandingan. Penelitian ini termasuk dalam jenis exsplanatory research, dimana penelitian ini dirancang untuk menjelaskan hubungan kausal yang terjadi antara variabel–variabel brand image Tim Bolabasket Universitas Brawijaya yang terdiri dari citra pembuat (corporate image), citra pemakai (user image), citra produk (product image), dengan keputusan Mahasiswa Menyaksikan Pertandingan LA Campus BasketBall League. Untuk menentukan jumlah responden, peneliti menggunakan pendapat Roscoe, dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda, uji F, serta uji t. Dari hasil uji F, uji t, dan regresi linier berganda dapat diketahui bahwa dua variabel yaitu citra pembuat (corporate image) dan citra pemakai (user image) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan memilih Universitas Brawijaya, sedangkan variabel citra produk (product image) karena memiliki nilai koefisien beta dan t hitung paling besar. Dari hasil analisis,  diketahui bahwa variabel citra produk (product image) merupakan variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pemilihan. Kata kunci :   : brand image, citra pembuat (corporate image), citra pemakai (user image), citra produk (product image), keputusan menyaksikan pertandingan.

Downloads

Published

2015-12-11

Issue

Section

Articles