ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN DALAM SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN (Studi Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Brawijaya Malang)

Authors

  • Nindita Niken Palupi

Abstract

All activities done in organized to achieve main goal a company, one of them with internal control system. Internal control system includes organizational structure, method, measurements coordinated to keep wealth organization, check accuracy and realibility of accounting data, along encouraging efficiency and comply with policy management. This research focused on analysis of internal control system in purchase accounting system merchandise at KPRI UB. KPRI UB provides a variety product needs members and general public including staple material, great value items (broken crockery, electronic, power tools, assorted clothing, bag, jacket, batik home, carpet gallery), cosmetics and perfumes, accessories and souvenirs UB, along photocopy and office stationery. Purchase accounting system conducted are three type i.e., purchase through supplier, purchase great value, purchase deposit (consignment). Various type of purchase explains it takes a good internal control system to encourage all policy, regulation, and procedure implementation of the activities have been assigned by management can be observed. This research aims to analyze application of the internal control system in purchase accounting system at KPRI UB. This analysis do to solve problems occur on the research at KPRI UB, so can minimize errors against application of the internal control system in purchase accounting system. Keywords: internal control system, purchase accounting system ABSTRAK Segala kegiatan dilakukan secara terorganisir untuk mencapai tujuan utama sebuah perusahaan, salah satunya dengan sistem pengendalian intern. Sistem pengendalian intern meliputi struktur organisasi, metode, ukuran-ukuran yang dikoordinasikan untuk menjaga kekayaan organisasi, mengecek ketelitian dan keandalan data akuntansi, serta mendorong efisiensi dan dipatuhinya kebijakan manajemen. Penelitian ini difokuskan pada analisis sistem pengendalian intern dalam sistem akuntansi pembelian barang dagang di KPRI UB. KPRI UB menyediakan berbagai produk kebutuhan anggota dan masyarakat umum diantaranya bahan pokok, barang nilai besar (pecah belah, elektronik, alat listrik, aneka sandang, tas, jaket, rumah batik, galeri karpet), kosmetik dan parfum, aksesoris dan cinderamata UB, serta fotokopi dan alat tulis kantor. Sistem akuntansi pembelian yang dilakukan ada tiga jenis yaitu, pembelian melalui supplier, pembelian nilai besar, pembelian titipan (konsinyasi). Berbagai jenis pembelian ini menjelaskan bahwa dibutuhkan sistem pengendalian intern yang baik untuk mendorong agar semua kebijakan, peraturan, dan prosedur pelaksanaan kegiatan yang telah ditetapkan oleh manajemen dapat dipatuhi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan sistem pengendalian intern dalam sistem akuntansi pembelian di KPRI UB. Analisis ini dilakukan untuk memecahkan masalah yang terjadi pada penelitian di KPRI UB, sehingga dapat meminimalisir kesalahan terhadap penerapan sistem pengendalian intern dalam sistem akuntansi pembelian. Kata kunci: sistem pengendalian intern, sistem akuntansi pembelian

Downloads

Published

2015-11-30

Issue

Section

Articles