PENGARUH FAKTOR INTERNAL PSIKOLOGIS WISATAWAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN TEMPAT MENGINAP (SURVEI PADA WISATAWAN YANG MENGINAP DI KERTANEGARA PREMIUM GUEST-HOUSE KOTA MALANG).

Authors

  • Hardian Wahyuni
  • Yusri Abdillah
  • Pravissi Shanti

Abstract

This study aims to determine the influence of internal psychological factors tourists on decision making related to the selection of places to stay, simultaneously and partially, as well as determine the dominant variable. This type of research is the explanation (explanatory research) with quantitative approach, test theories and several hypotheses exist. The analytical method used is descriptive analysis and multiple linear regression analysis. Through classical assumption as the basis for multiple linear regression analysis, the independent variable in this study consists of motivation, perception, establearning, personality, and attitude. Results of analysis showed that five variables simultaneously have influence. While the motivation and attitude variables have partial effect. Both of these variables influence partially because motivation is the basis and beginning, as the impetus for the realization and fulfillment package, amenities. This impulse makes the variables become more dominant attitude among other variables. Because of the variable attitude is a form of action of perception, motivation, learning and personality of every customer that different from one another.

Keywords: motivation, perception, learning, personality, attitude, and Decision Making.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor internal psikologis wisatawan terhadap pengambilan keputusan terkait pemilihan tempat menginap, secara simultan dan parsial, serta mengetahui variabel yang dominan. Jenis penelitian ini adalah penjelasan (eksplanatory research) dengan pendekatan kuantitatif, menguji teori dan beberapa hipotesis yang ada. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Melalui uji asumsi klasik sebagai dasar analisis regresi linier berganda, yang dalam penelitian ini variabel bebasnya terdiri dari motivasi, persepsi, pembelajaran, kepribadian, dan sikap. Hasil analisis dapat diketahui bahwa kelima variabel mempunyai pengaruh secara simultan. Sedangkan variabel motivasi dan sikap mempunyai pengaruh secara parsial. Kedua variabel ini berpengaruh secara parsial karena motivasi yang menjadi dasar dan awal, sebagai dorongan untuk terwujudnya pemenuhan kebutuhan dan keinginan. Dorongan ini menjadikan variabel sikap menjadi lebih dominan diantara variabel lainnya. Karena variabel sikap merupakan bentuk tindakan dari persepsi, motivasi, pembelajaran dan kepribadian dari setiap konsumen yang satu dengan lainnya berbeda.

Kata kunci : Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Kepribadian, Sikap, dan Pengambilan Keputusan.


 


Downloads

Published

2015-11-05

Issue

Section

Articles