ANALISIS SISTEM AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI SEBAGAI UPAYA MENDUKUNG PENGENDALIAN INTERN PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada CV Sejahtera, Pakisaji – Malang)

Authors

  • Fabiana Dwi Widyasari

Abstract

Every employee in the enterprise requires remuneration directly from what has been done in the company. This makes the form of remuneration that will be given to employees integration is a mandatory rule. This meant remuneration is salaries and wages.CV Sejahtera apply, salaries awarded to permanent employees every month, while wages given to employees daily and weekly wholesale. Salaries and wages are closely linked to the accounting system in terms of payroll and wage distribution. Wage and payroll accounting system used as the  basis of this research. A good wage and payroll accounting system to be balanced with a good internal control system is also to support all activities undertaken and maintain the security of assets of CV Sejahtera. The purpose of this research is to analyze implementation wage and payroll accounting system of CV Sejahtera supported by a good internal controlling, and also to conclude an to sugest of this research.

Keyword : Wage and Payroll Accounting System, Internal Control System

ABSTRAK

Setiap pegawai dalam perusahaan yang membutuhkan balas jasa secara langsung dari apa yang telah dikerjakan pada perusahaan tersebut. Balas jasa yang dimaksudkan ini adalah gaji dan upah. CV Sejahtera menerapkan gaji yang diterimakan tiap bulannya kepada pegawai tetap, sedangkan upah diterimakan tiap minggunya kepada pegawai yang sifatnya harian atau borongan. Pemberian gaji dan upah sangat erat kaitannya dengan sistem akuntansi penggajian dan pengupahan dalam hal distribusi. Sistem akuntansi penggajian dan pengupahan digunakan sebagai dasar dari penelitian ini. Sistem akuntansi penggajian dan pengupahan yang baik harus diimbangi dengan sistem pengendalian intern yang baik pula untuk mendukung seluruh kegiatan yang dilakukan dan menjaga keamaan kekayaan perusahaan khususnya pada CV Sejahtera. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pelaksanaan sistem akuntansi penggajian dan pengupahan karyawan CV Sejahtera yang didukung oleh pengendalian intern yang baik, serta mampu memberikan saran dan kesimpulan atas penelitian tersebut.

Kata kunci : Sistem Akuntansi Penggajian dan Pengupahan, Sistem Pengendalian Intern

Downloads

Published

2015-10-21

Issue

Section

Articles