PENENTUAN STRATEGI BISNIS MANAJEMEN HOTEL DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN (Studi Kasus di Quds Royal Hotel Surabaya)

Authors

  • Desy Erika Permatasari

Abstract

The purpose of this study is to analyze and describe internal and external factors environment that may affect the determination of business strategies Quds Royal Hotel management, also to analyze and develop strategies that should be used the company to face the competition. The analytical used in this study is the EFE matrix (External Factor Evaluation), IFE matrix (Internal Factor Evaluation), IE matrix (Internal-External), SWOT matrix (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats), and QSPM matrix (Quantitative Strategic Planning Matrix). EFE matrix results indicate the company’s response in taking advantage of opportunities and threats in the average category with total score of weight 2,7359. IFE matrix results also shows the internal conditions of the hotel in the average category with total score of weight 2,4094. The position of the company according to IE matrix is in cell V, to bold and maintain. It makes there are ten alternative strategies that can run by company according to SWOT matrix. From those ten alternative strategies, there is  main alternative strategy that can be chosen by company, which cooperates with many travel agents who sell religious tour packages in attracting entourage of pilgrims Sunan Ampel to stay at Quds Royal with  score of TAS 6,2023.

Keywords: Business Strategy, IFE-EFE Matrix, IE Matrix, SWOT Matrix, QSPM Matrix

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguraikan faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi penentuan strategi bisnis manajemen hotel Quds Royal, serta menganalisis dan menyusun strategi yang sebaiknya digunakan hotel Quds Royal dalam menghadapi persaingan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks EFE (External Factor Evaluation), matriks IFE (Internal Factor Evaluation), matriks IE (Internal-External), matriks SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats), dan matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil analisis matriks EFE menunjukkan bahwa respon perusahaan dalam memanfaatkan peluang dan ancaman termasuk dalam kategori rata-rata dengan nilai total skor bobot 2,7359. Hasil dari matriks IFE juga menunjukkan kondisi internal hotel Quds Royal termasuk dalam kategori rata-rata dengan nilai total skor bobot 2,4094. Posisi perusahaan menurut analisis matriks IE berada pada sel V, yakni menjaga dan mempertahankan (bold and maintain). Berdasarkan posisi perusahaan pada matriks IE, membuat terbentuknya sepuluh alternatif strategi yang dapat dijalankan perusahaan menurut hasil analisis matriks SWOT. Dari kesepuluh alternatif strategi, terdapat satu alternatif strategi utama yang dapat dipilih perusahaan untuk dijalankan terlebih dahulu, yaitu menjalin kerja sama dengan berbagai travel agent yang menjual paket wisata religi dalam menarik minat rombongan peziarah Sunan Ampel untuk menginap di Quds Royal dengan skor TAS sebesar 6,2023.

Kata kunci: Strategi Bisnis, Matriks IFE-EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, Matriks QSPM

Downloads

Published

2015-10-01

Issue

Section

Articles