PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN LINGKUNGAN KERJA NON FISIK TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI (Studi pada Pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Malang)

Authors

  • Radhega Wiratama

Abstract

This study aimed to describe the physical work environment, non-physical work environment and work motivation of employees in Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Malang as well as to identify and analyze the work environment influence physical and non-physical work environment to employee work motivation either simultaneously or partially. This research is a quantitative approach to research is conducted with the explanation. Methods of data collection in this study using questionnaires and documentation. The sample used in this study amounted to 37 people who are all employees remain in Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Malang. This research uses statistical analysis descriptive and inferential statistical analysis. Physical work environment and non-physical work environment has a significant positive effect on the motivation of employees working either simultaneously or partially with a contribution of 42.1%, while the remaining 57.9% is the contribution of other variables that are not addressed in this study.

Keywords: physical work environment, non-physical work environment, employee work motivation.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lingkungan kerja fisik, lingkungan kerja non fisik dan motivasi kerja pegawai di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Malang serta untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik terhadap motivasi kerja pegawai baik secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian ini adalah penelitin penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 37 orang yang merupakan seluruh pegawai tetap pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Malang. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap motivasi kerja pegawai baik secara simultan maupun secara parsial dengan kontribusi sebesar 42,1%, sedangkan sisanya sebesar 57,9% merupakan kontribusi dari variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Kata kunci: lingkungan kerja fisik, lingkungan kerja non fisik, motivasi kerja pegawai.

Downloads

Published

2015-09-30

Issue

Section

Articles