PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI RESIKO DAN PERSEPSI KESESUAIAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN MOBILE BANKING (Studi Pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Rembang, Jawa Tengah)

Authors

  • Giga Bawa Laksana

Abstract

The purpose of this study is to describe and analyze the influence customer perceptions of the interest in using m-banking. This research uses explanatory (explanation) with a quantitative approach, in which customers of Bank Rakyat Indonesia (BRI) as a population, whereas samples taken by 100 respondents were determined by specific criteria. Research results with the t test showed that the variable perception of usefulness, perceived ease of use, perceived risk and perceived compatibility separately (partial) significantly affects the interest in using mobile banking, while those with the most dominant influence is perceived compatibility because it has a beta coefficient and t greatest. F Test results also showed that the variables of perceived usefulness, perceived ease of use, perceived of risk and perceived of compatibility jointly (simultaneously) significantly affects the interest in using mobile banking. The magnitude of the effect of variable perception of usefulness, perceived ease of use, perceived of risk and perceived of compatibility against the interest in using mobile banking is equal to 50.4%, while the rest influenced by other variables that are not addressed in this study. Keywords:    Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Perceived Risk, Perceived Compatibility,        Interest In Using Mobile Banking, Mobile Banking, Bank Of BRI. Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh persepsi-persepsi nasabah terhadap minat menggunakan m-banking. Penelitian ini menggunakan jenis explanatory (penjelasan) dengan pendekatan kuantitatif, dimana nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai populasi, sedangkan sampel yang diambil sebesar 100 responden yang ditentukan dengan kriteria khusus. Hasil penelitian dengan uji t menunjukkan bahwa variabel persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi resiko dan persepsi kesesuaian secara terpisah (parsial) berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan mobile banking, sedangkan yang memiliki pengaruh paling dominan adalah persepsi kesesuaian karena memiliki nilai koefisien beta dan t hitung paling besar. Hasil uji F juga menunjukkan bahwa variabel persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi resiko dan persepsi kesesuaian secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan mobile banking. Besarnya pengaruh variabel persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi resiko dan persepsi kesesuaian terhadap minat menggunakan mobile banking adalah sebesar 50,4%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata kunci: Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Resiko, Persepsi    Kesesuaian, Minat Menggunakan Mobile Banking, Mobile Banking, Bank BRI.

Downloads

Published

2015-09-22

Issue

Section

Articles