ANALISIS BREAK EVEN POINT SEBAGAI SALAH SATU ALAT PERENCANAAN PENJUALAN (Studi Pada Ud. Karya Pala Kediri)

Authors

  • Rizal Hasbullah

Abstract

Break even point analysis is a technique used by management to know certain sales levels of the company so as not to experience a profit nor loss. Uses through company can easily determine the sales volume required to reach desired profit. With counting all the costs by the company then will get fixed costs and costs of variable companies that become the basis for calculating the break-even point company. It is very useful for the company can know the results of sales to be attainable so that companies did not suffer losses of. The purpose of this research is to give a description to a company in order to plan sales by exactly.. The results of the analysis conducted in the company UD. Karya Pala in 2014 can be known about the cost separation semivariabel into fixed charge it can be seen the cost of fixed amount Rp. 161.495.091 and the cost variable Rp. 3.620.042.921 by ratio of the contribution of the margin of as much as 21,61%, while BEP in the rupiah in the sale of 2014 is as much as Rp. 747.164.338 or at the level of sales 21.348 connective. Calkulation MoS and DoL get MoS of 83,8% and DoL of 1,379. The company wants to increase profit by 20% hence the sale of all she had to achieve them is as much as 136.204 connective Keywords : Break Even Point, Contribution Margin Ratio, Margin Of Safety ABSTRAK Analisis break even point adalah suatu teknik yang digunakan oleh manajemen untuk mengetahui tingkat penjualan tertentu perusahaan sehingga tidak mengalami laba dan tidak pula mengalami kerugian. Dengan menghitung seluruh biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan maka akan mendapatkan biaya tetap dan biaya variabel perusahaan yang menjadi dasar untuk menghitung titik impas perusahaan.  Hal ini sangat berguna bagi perusahaan agar perusahaan dapat mengetahui hasil penjualan yang harus dicapai agar perusahaan tidak mengalami kerugian. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran kepada perusahaan agar dapat merencanakan penjualan dengan tepat. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian deskriptif. Hasil analisis yang dilakukan di perusahaan UD. Karya Pala pada tahun 2014 dapat diketahui Pemisahaan terhadap biaya semivariabel kedalam biaya tetap dapat diketahui biaya tetap sebesar Rp. 161.495.097 dan biaya variabel sebesar Rp. 3.620.042.921 dengan rasio kontribusi margin sebesar 21,61%, sedangkan BEP dalam rupiah dalam penjualan tahun 2014 adalah sebesar Rp. 747.164.338 atau pada tingkat penjualan 21.348 ikat. Perhitungan MoS dan DoL didapatkan MoS sebesar 83,8% dan DoL sebesar 1,379. Perusahaan  menginginkan kenaikan laba sebesar 20% maka penjualan yang harus dia capai adalah sebesar 136.204 ikat. Kata Kunci : Break Even Point, Contribution Margin Ratio, Margin Of Safety  

Downloads

Published

2015-09-14

Issue

Section

Articles