PENGENDALIAN MANAJEMEN PEMBERIAN KREDIT MODAL KERJA DALAM UPAYA MEMINIMALKAN KREDIT BERMASALAH. (Studi Pada PT. Bank Jatim Cabang Malang Tahun 2012-1014)

Authors

  • Uswatun Khasanah

Abstract

This research aims to know the implementation of the control of the management of working capital lending in an effort to minimize bad debt. The methods used in this research is descriptive research with approach case studies. The results of research on PT Bank Jatim Cabang Malang indicates that the control of credit management PT. Bank Jatim Cabang Malang starting from the analyzed starting from when the credit application process, credit analysis, credit withdrawals and monitoring/supervision of credit seen from the aspect of control personnel are competent and trustworthy, the existence of control aspect of the separation of duties, authorization procedures that control aspects of the natural aspects of the control of documents and records that adequately the control aspect, physical control of assets and records, examination jobs controllability aspects independently been berjalam well. Although total NPL each year has increased but not exceeding the maximum limits in set by Bank Indonesia. It's best to mencegahan the increase in NPL each year at PT. Bank Jatim Cabang Malang applying the principle of prudence and increased rigour in the credit analysis process until the credits are paid. Keywords: control of credit, working capital credit, non performing loan Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengendalian manajemen pemberian kredit modal kerja dalam upaya meminimalkan kredit bermasalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian pada PT. Bank Jatim Cabang Malang menunjukkan bahwa pengendalian manajemen pemberian kredit pada PT. Bank Jatim Cabang Malang dianalisis mulai dari saat proses permohonan kredit, analisis kredit, penarikan kredit dan monitoring/pengawasan kredit dilihat dari aspek pengendalian personel yang kompeten dan dapat dipercaya, aspek pengendalian adanya pemisahan tugas, aspek pengendalian prosedur otorisasi yang wajar, aspek pengendalian dokumen dan catatan yang memadai, aspek pengendalian kontrol fisik aktiva dan catatan, aspek pengendalian pemeriksaan pekerjaan secara independen sudah berjalam dengan baik. Meskipun total NPL setiap tahunnya mengalami peningkatan tetapi tidak melebihi batas maksimum yang di tetapkan oleh Bank Indonesia. Sebaiknya untuk mencegahan peningkatan NPL setiap tahunnya pada PT. Bank Jatim Cabang Malang menerapkan prinsip kehati-hatian dan peningkatan ketelitian dalam proses analisis kredit sampai dengan kredit tesebut lunas. Kata Kunci: Pengendalian Kredit, Kredit Modal kerja, non performing loan

Downloads

Published

2015-09-03

Issue

Section

Articles