PENGARUH AIDA (ATTENTION, INTEREST, DESIRE, ACTION) TERHADAP EFEKTIFITAS IKLAN ONLINE (Survei pada Pembeli di Toko Online Adorable Project)

Authors

  • Diah Syafita Johar

Abstract

This research aims to describe the factors determining of models of AIDA (attention, interest, desire, action), to describe the influence of AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) toward online advertising, and to describe the most dominant AIDA factor toward online advertising. The result of this research based on 145 buyers of online shop Adorable Project With factor and mulitiple linear regression analysis the result of this research is formed four new factor named interest, desire, action, attention. Based on multiple linear regression analyze Interest, Desire, Action are significant toward online advertising and factor attention is not significant toward online advertising in partial test and factor attention, interest, desire, action are significant influential in simultaneous test. Interest factor is the dominant factor in determine of online advertising. Keywords : AIDA, online advertising Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh faktor dari model AIDA (attention, interest, desire, action), untuk menjelaskan pengaruh AIDA terhadap efektifitas iklan online, dan untuk menjelaskan faktor AIDA(Attention, Interest, Desire, Action) yang dominan terhadap efektifitas iklan online. Hasil Penellitian terhadap 145 orang pembeli di toko online Adorable Project denganmenggunakananalisis faktor dan regresi linear berganda maka didapatkan hasil terbentuk empat faktor baru yang dinamakan interest, desire, action, attention. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda secara parsial ketiga faktor interest, desire, action berpengaruh signifikan terhadap efektifitas iklan onlinesedangkan faktor attention tidak berpengaruh signifikan terhadap efektifitas iklan online, dan attention, interest, desire, action berpengaruh secara signifikan berdasarkan pengujian secara bersama-sama. Interest adalah faktor yang dominan berpengaruh terhadap iklan online. Keywords : AIDA, iklan online

Downloads

Published

2015-09-03

Issue

Section

Articles