ANALISIS ATAS PRAKTEK TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL) DALAM MENDUKUNG BISNIS ONLINE DENGAN MEMANFAATKAN JEJARING SOSIAL INSTAGRAM

Authors

  • Aditya Arie Hanggono

Abstract

The aim of research is to Know and explain the influence of perceived ease of use Instagram for perceived usefulness, the influence of perceived ease of use Instagram to Attitude Toward Using. Know and explain the effect of the perceived usefulness Instagram to Attitude Toward Using,  the influence of Attitude Toward Using to behavioral intention, influence behavioral intention Instagram to the actual system usage. population in this study is a Business Administration student who is currently studying UB thesis and determined 85 persons as research samples. Methods of sample selection was done by purposive sampling is not random sample selection which information is obtained with certain considerations. The analysis technique used is path analysis. From the analysis path can be concluded that: Variable Perceived ease of use positive significant effect on the Perceived Usefulness. Variable perceived ease of use have a significant positive effect Usage attitude toward using, Variable perceived usefulness have a significantly positive effect on the attitude toward using, Variable attitude toward using has a positive significant effect on the behavioral intention use, Variable behavioral intention use have a significantly positive effect on the actual system usage with t value 14.829  sig. t of 0.000.

Keyword : Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Attitude Toward Using, Behavioral Intention, Actual System Usage

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk Mengetahui dan menjelaskan pengaruh peresepsi kemudahan penggunaan Instagram terhadap peresepsi kemanfaatan Instagram. Mengetahui dan menjelaskan pengaruh peresepsi kemudahan penggunaan Instagram terhadap Sikap Penggunaan Instagram. Mengetahui dan menjelaskan pengaruh peresepsi kemanfaatan Instagram terhadap Sikap Penggunaan Instagram.  Mengetahui dan menjelaskan pengaruh Sikap Penggunaan jejaring sosial Instagram terhadap perilaku untuk menggunakan Instagram, Mengetahui dan menjelaskan pengaruh  perilaku untuk mengggunakan Instagram terhadap kondisi nyata penggunaan sistem. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya yang sedang menempuh skripsi dan ditentukan 85 orang sebagai sampel penelitian. Dari hasil analisis path dapat disimpulkan bahwa: Variabel peresepsi Kemudahan Penggunaan berpengaruh signifikan positif terhadap Peresepsi Kemanfaatan,  Variabel peresepsi kemudahan penggunaan memiliki pengaruh signifikan positif terhadap  Sikap Penggunaan, Variabel peresepsi kemanfaatan memiliki pengaruh signifikan positif terhadap  Sikap Penggunaan, Variabel Sikap Penggunaan memiliki pengaruh signifikan positif terhadap  perilaku untuk menggunakan, Variabel perilaku untuk mengggunakan memiliki pengaruh signifikan positif terhadap kondisi nyata penggunaan sistem dengan nilai t hitung 14.829  pada sig. t sebesar 0,000.

Kata kunci : Peresepsi Kemudahan Penggunaan, Peresepsi Kemanfaatan,  Sikap Penggunaan, Perilaku Untuk Menggunakan, Kondisi Nyata Penggunaan Sistem.


Downloads

Published

2015-09-03

Issue

Section

Articles