ANALISIS SISTEM AKUNTANSI PERSEDIAAN BAHAN BAKU KERTAS DALAM UPAYA PENINGKATAN PENGENDALIAN INTREN (Studi Pada PT. Peruri Wira Timur Surabaya)

Authors

  • Divo Vito Hidayat

Abstract

Inventories of raw materials is a vital element needed to carry out industrial company operations. Raw material inventory consists of direct materials (direct material) and indirect materials (indirect materials). Direct materials is the cost of expenses incurred for the use of the main raw material production is directly related to the product. The raw material is paper, paper raw materials become key elements in industrial company engaged in the printing. The purpose of this study was to determine the accounting system of the paper raw material inventory, as well as internal control conducted by PT. Peruri Wira Timur Surabaya. Results of research conducted, it was found several weaknesses in the accounting systems of paper raw material inventory conducted by PT. Peruri Wira Timur Surabaya. The weakness is that there is a dual duties and responsibilities performed by the warehouse, manufacture and cancellation of treasury evidence carried out by the cashier, and physical inventory performed once without checking back. From the results of these studies should be conducted separation of functions, and systems of authority and good record-keeping procedures to improve internal control systems.

Key Word: Direct Material, inventory Accounting System, Intern Control

ABSTRAK

Persediaan bahan baku adalah elemen vital yang dibutuhkan perusahaan industri untuk melaksanakan kegiatan operasional . Persediaan bahan baku terdiri dari bahan baku langsung (direct material) dan bahan baku tidak langsung (indirect material). Bahan baku langsung merupakan biaya pengeluaran yang dilakukan untuk pemakaian bahan baku produksi utama yang terkait langsung dengan produk yang dihasilkannya. Bahan baku tersebut adalah kertas, Bahan baku kertas menjadi elemen pokok pada perusahaan industri yang bergerak di bidang percetakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem akuntansi persediaan bahan baku kertas, serta pengendalian intern yang dilaksanakan PT. Peruri Wira Timur Surabaya. Hasil dari penelitian yang dilakukan, ditemukan beberapa kelemahan pada sistem akuntansi persediaan bahan baku kertas yang dilakukan oleh PT. Peruri Wira Timur Surabaya. Kelemahan tersebut yaitu terdapat perangkapan tugas dan tanggung jawab yang dilakukan oleh bagian gudang, pembuatan dan pembatalan bukti kas keluar yang dilakukan oleh bagian kasir, dan perhitungan fisik persediaan yang dilakukan sekali tanpa ada pengecekan kembali. Dari hasil penelitian tersebut harus dilakukan pemisahan fungsi, dan sistem wewenang dan prosedur pencatatan yang baik untuk meningkatkan sistem pengendalian intern.

Kata Kunci: Bahan Baku Langsung, Sistem Akuntansi Persdiaan, Pengendalian Intern

 


Downloads

Published

2015-09-01

Issue

Section

Articles