PENGARUH GREEN MARKETING PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada Pelanggan Produk Ramah Lingkungan Kentucky Fried Chicken (KFC) Gerai Royal Plaza, Surabaya)

Authors

  • Denik Sri Rejeki

Abstract

This research conducted  aims to know that influence of Green Marketing on Purchase Decision and implications to Customers Loyalty on Customers Enviromentally Friendly Product Kentucky Fried Chicken (KFC) outlets Royal Plaza, Surabaya. The research type used an explanatory research with quantitative approach and the samples are 102 respondents who are customers of enviromentally friendly product Kentucky Fried Chicken (KFC). The Method of data used in this research is questionnaires with purposive sampling techinque,while the analysis of the data used is descriptive analysis and path analysis. The results showed that  variable of Green Marketing has direct effect and significant on Purchase Decision variable; Purchase Decision variable has direct effect and significant on Customers Loyalty variable; Green Marketing variable has direct effect and significant on Customers Loyalty variable.

Keywords: Green Marketing, Purchase Decision, Customers Loyalty

Abstrak

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Green Marketing pada Keputusan Pembelian dan implikasinya terhadap Loyalitas Pelanggan produk ramah lingkungan Kentucky Fried Chicken (KFC) Gerai Royal Plaza, Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif dan sampel sebanyak 102 orang responden yang merupakan pelanggan produk ramah lingkungan Kentucky Fried Chicken (KFC). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dengan teknik purposive sampling, sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan path analysis (analisis jalur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Green Marketing berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian, variabel Keputusan Pembelian berpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan, variabel Green Marketing berpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan.

Kata Kunci: Green Marketing, Keputusan Pembelian, Loyalitas Pelanggan


Downloads

Published

2015-09-01

Issue

Section

Articles