PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode 2011-2013)

Authors

  • Nita Ayu Widyasari

Abstract

Maximizing profits is the goal of any establishment of enterprise. High value will not materialize if the company only focused on financial performance without regard to internal and external company’s conditions.  GCG and CSR implementation enables companies to increase value of the company by balancing the interests of both internal and external. This research aims to know the influence of GCG and CSR disclosure to the firm value. Proportion of independent commissioner, managerial ownership, institutional ownership, quality of external auditors, and audit committee are proxy of GCG. Type of research used is explanatory research. Sample research used 18 manufacturing companies registered in BEI period 2011-2013 by using purposive sampling technique. Types of data is secondary data that is in form of annual reports sourced from the website of Indonesian Stock Exchange. Results of the study prove that proportions of independent commissioners has negative and significant effect to the firm value, institutional ownership and the audit committee has positive and significant effect to the firm value, while managerial and ownership external auditor quality have negative and haven’t significant effect to the firm value. The study also proved that CSR disclosure has positive and significant effect to the firm value. Keywords: GCG, CSR disclosure, firm value Abstrak Memaksimalkan laba merupakan tujuan dari setiap pendirian suatu perusahaan. Tingginya nilai perusahaan tidak akan terwujud apabila perusahaan hanya berfokus pada kinerja keuangan tanpa memperhatikan kondisi internal maupun eksternal perusahaan. Penerapan GCG dan CSR memungkinkan perusahaan meningkatkan nilai perusahaan dengan menyeimbangkan kepentingan internal dan eksternal yang dipengaruhi dan mempengaruhi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh GCG dan pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan. GCG dalam penelitian ini diproksikan dalam proporsi komisaris independen, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kualitas auditor eksternal, dan komite audit. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pengujian hipotesis (explanatory research). Sampel penelitian yang digunakan yaitu 18 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2011-2013 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder berupa laporan tahunan yang bersumber dari website IDX (Indonesian Stock Exchange). Hasil penelitian membuktikan GCG (komisaris independen) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, kepemilikan institusional dan komite audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan kepemilikan manajerial dan kualitas auditor eksternal berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini juga membuktikan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: GCG, pengungkapan CSR, nilai perusahaan

Downloads

Published

2015-09-01

Issue

Section

Articles